Indikasi, Komposisi dan Harga Caviplex (Syrup dan Tablet)

Vitamin sangat penting untuk menjaga kesehatan dan memenuhi asupan nutrisi harian. Selain dari makanan, Anda bisa mengonsumsi yang dijual di pasaran, dan salah satu merek multivitamin yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak hingga lansia dengan harga relatif terjangkau adalah Caviplex.

Ilustrasi: Wanita Mengonsumsi Multivitamin (credit: watsonshealth/Shutterstock)

Ilustrasi: Mengonsumsi Multivitamin (credit: watsonshealth/Shutterstock)

Indikasi dan Komposisi Caviplex

Caviplex tergolong suplemen multivitamin atau mineral dan bisa dikonsumsi oleh anak-anak, ibu hamil, ibu menyusui, dan lansia. Di pasaran, Caviplex dijual dalam dua , yaitu syrup dan tablet. Caviplex tablet dikemas dalam berwarna kuning dan box karton berwarna kuning dengan corak merah. Sementara, Caviplex syrup dikemas dalam botol berisi 60 ml. Caviplex tablet biasanya lebih disukai oleh orang , karena cara minum yang praktis, sedangkan Caviplex syrup lebih disukai anak-anak, karena rasanya yang manis.

Meskipun keduanya punya bentuk dan tekstur yang berbeda, Caviplex tablet dan syrup memiliki indikasi yang sama. Suplemen tersebut memiliki manfaat untuk membantu pertumbuhan tulang, menambah nafsu makan, menguatkan daya pikir, memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, dan menjaga kesehatan tubuh. Khusus untuk anak-anak, Caviplex berperan sebagai vitamin untuk menunjang pertumbuhan gigi dan tulang serta mencegah defisiensi vitamin, khususnya vitamin D.

Defisiensi vitamin D tentu tidak baik untuk anak-anak maupun orang dewasa, karena vitamin tersebut memiliki peran penting untuk kesehatan tulang dan gigi.[1] Secara alami, vitamin D sudah ada di dalam tubuh dan menetap di dalam darah. Vitamin D juga bisa didapatkan dengan cara berjemur di bawah sinar matahari pagi dan makan buah-buahan. Namun, itu saja mungkin tidak cukup, sehingga Anda memerlukan dari sumber lain seperti Caviplex.

Vitamin D pada Caviplex juga sangat penting bagi wanita dan lansia. Vitamin tersebut akan membantu mereka dalam mencegah proses menopause dini dan penyakit pengeroposan tulang atau osteoporosis. Selain itu, vitamin D pun baik untuk Anda yang ingin memiliki tulang yang kuat hingga usia lanjut.

Baca juga  Update Manfaat dan Harga Shampo NR untuk Semua Jenis Rambut

Semua manfaat di atas tentu tidak lepas dari komposisi Caviplex. Pada multivitamin tablet maupun syrup mengandung, vitamin A, vitamin D, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, nicotinamide, Ca pantotenat, vitamin E, biotin, asam folat, Fe (II), asam glutamat, Ca, Mg-karbonat, Zn, Cu, Mn, Flourida, dan Iodium. Selain itu, produk ini juga diperkaya oleh Ca laktat, dan Ca Gliserofosfat.

Untuk mendapatkan semua manfaat Caviplex, tentunya Anda perlu memperhatikan dosis dan aturan minum. Meskipun suplemen tersebut terbilang aman dikonsumsi, Anda tidak bisa mengonsumsinya melebihi atau kurang dari dosis yang dianjurkan. Vitamin yang dikonsumsi secara berlebihan dapat berubah menjadi racun dalam tubuh dan jika dikonsumsi kurang dari dosis, maka tubuh tidak akan mendapatkan manfaatnya atau vitamin tidak bisa bekerja secara optimal.

Ilustrasi: Caviplex Multivitamin Strip (credit: Tokopedia)

Ilustrasi: Caviplex Multivitamin Strip (credit: Tokopedia)

Dosis Caviplex

Caviplex tablet bisa dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak berusia di atas 12 tahun dengan dosis yang sama, yakni 1 kali sehari sebanyak 1 tablet. Jika Anda merasa dosis tersebut kurang, Anda bisa menambah dosis sesuai dengan anjuran resep dokter. Biasanya, penambahan dosis diberikan kepada pasien yang memiliki gangguan kesehatan atau sangat membutuhkan banyak vitamin dalam tubuhnya.

Sementara, Caviplex syrup bisa dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa dengan dosis 3 kali sehari sebanyak 1 sendok teh atau sebanyak 1 sendok takar. Anda bisa mengonsumsinya sesuai dengan jam makan, seperti setelah sarapan, makan siang, dan makan malam. Setelah mengonsumsi vitamin, pastikan Anda minum air putih yang banyak untuk membantu mempercepat penyerapan suplemen dalam tubuh.

Baca juga  Info Lengkap Manfaat dan Harga Dermapen Elektrik

Anda bisa mengonsumsi Caviplex syrup atau tablet sebelum atau sesudah makan. Bagi Anda yang memiliki gangguan atau penyakit pencernaan, sebaiknya mengonsumsi suplemen ini setelah makan. Sehingga, tidak menimbulkan rasa tidak nyaman pada sistem pencernaan, seperti lambung dan usus besar.

Harga Caviplex

Varian Kemasan CaviplexHarga (Rp)
Caviplex Tab 1 strip10.582
Caviplex Tab 1 box 10 strip75.000
Caviplex Syrup 60 ml13.188

Perlu Anda ketahui, harga Caviplex di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk apotek dan situs jual beli online. Harga produk tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga multivitamin ini di setiap toko atau daerah bisa saja berbeda-beda.

Harga Caviplex (credit: Tokopedia)

Harga Caviplex (credit: Tokopedia)

Efek Samping dan Kontraindikasi Caviplex

Berdasarkan review konsumen, Anda bisa mendapatkan Caviplex dengan mudah di pasaran. Anda tidak harus membelinya dengan resep dokter jika memiliki kesehatan yang baik atau dalam keadaan normal. Selain itu, Anda juga bisa membelinya secara online di situs e-commerce.

Caviplex yang mengandung banyak vitamin, ternyata juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu proses penyembuhan setelah dan . Beberapa orang juga mengatakan, suplemen tersebut ampuh untuk mencegah penyakit flu. Anda bisa mengonsumsinya saat merasa mulai pusing atau pilek untuk mencegah penyakit flu.

Pada beberapa kasus, multivitamin ini juga sering dijadikan sebagai vitamin pendamping setelah minum obat. Bagi Anda yang ingin mempercepat proses penyembuhan penyakit, seperti flu, batuk, atau demam, Anda bisa mengonsumsi Caviplex selama 2 atau 3 jam setelah minum obat dalam kondisi perut terisi atau kenyang.

Baca juga  Info Lengkap Komposisi dan Harga Caladine Cair (Lotion) untuk Gatal

Meskipun memiliki banyak manfaat, Anda juga perlu mengetahui bahwa tidak semua orang cocok dengan produk tersebut. Bagi Anda yang sedang terapi atau mengonsumsi obat tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter jika ingin minum Caviplex. Selain itu, suplemen ini tidak bisa dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Mengonsumsi suplemen dalam jangka waktu yang lama bisa berakibat buruk bagi kesehatan, terutama ginjal dan hati. Selain itu, mengonsumsi suplemen dalam bentuk tablet dalam jangka waktu yang lama juga bisa merusak saraf di bagian tubuh tertentu. Sebaiknya Anda menghentikan pemakaian multivitamin jika dirasa memiliki kondisi kesehatan yang prima. Anda bisa mulai mengonsumsinya kembali jika merasa kesehatan Anda mulai menurun.

Caviplex juga tidak dianjurkan bagi pasien yang memiliki riwayat alergi terhadap kandungannya. Sehingga, Anda perlu mengetahui kondisi Anda dengan baik sebelum minum suplemen ini. Pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap komposisi multivitamin tersebut, sehingga Anda akan terhindar dari alergi, di antaranya mual, pusing, muntah-muntah, -gatal, dan sesak napas.

Caviplex Syrup (credit: Halodoc)

Caviplex Syrup (credit: Halodoc)

Cara Menyimpan Caviplex

Selain harus mengetahui efek samping Caviplex, setelah membelinya, pastikan Anda menyimpannya dengan baik. Menyimpan obat atau suplemen dengan cara yang salah, bisa merusak kandungan suplemen dan mengubahnya menjadi zat beracun dalam tubuh. Vitamin tersebut sebaiknya disimpan di lemari yang sejuk dan tidak lembap.

Beberapa orang juga menyarankan agar Anda menyimpannya dalam wadah kedap udara, seperti kotak plastik atau lemari obat. Khusus untuk Caviplex syrup, Anda bisa menyimpannya dalam lemari pendingin, sehingga suplemen akan lebih awet dan komposisinya lebih terjaga.

[1] Paramita & Melva Louisa. 2017. Berbagai Manfaat Vitamin D. Opini CDK-257 Universitas Indonesia, Vol. 44(10): 736-740.

loading...
author

Leave a reply "Indikasi, Komposisi dan Harga Caviplex (Syrup dan Tablet)"