Update Harga Cat Tembok Waterproof

No comment24539 views

Mengecat tembok rumah merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan masyarakat di Indonesia ketika ingin merenovasi tempat tinggal mereka. Jika ingin mengecat tembok, masyarakat disarankan untuk menggunakan cat waterproof agar perlindungan lebih optimal. Saat ini, sudah banyak produsen yang merilis cat tembok waterproof dengan harga yang bervariasi.

Ilustrasi: Mengecat Tembok (credit: expertreviews)

Ilustrasi: Mengecat Tembok (credit: expertreviews)

Sebelum berbicara mengenai harga cat tembok waterproof, kita kulik sedikit tentang varian tersebut. Cat ini adalah cat pelapis yang tahan air dan bisa digunakan di dalam rumah Anda, khususnya di kamar mandi, ruang bawah tanah, dan beberapa ruangan yang mudah lembap. Sementara, untuk penggunaan di luar rumah, antara lain bisa diaplikasikan untuk perahu, birdbaths, atau tangki air. Cat ini biasanya dibuat dengan bahan lateks, minyak, atau concrete base yang bisa memberikan seal serat tahan air yang kuat.

Karena memiliki fungsi utama sebagai tembok, masih banyak masyarakat di Indonesia yang terkadang sering mengartikan cat waterproof ini dengan cat eksterior. Padahal, di antara kedua cat tersebut, terdapat perbedaan yang signifikan. Berikut sejumlah perbedaan antara cat waterproof dan cat eksterior. 

Perbedaan Cat Waterproof dengan Cat Eksterior

Ilustrasi: Cat Tembok Waterproof (credit: zablockiwaterproofing)

Ilustrasi: Cat Tembok Waterproof (credit: zablockiwaterproofing)

  • Cat waterproof sebenarnya bukan termasuk kategori cat, melainkan lapisan anti-air atau anti-bocor sehingga sangat berbeda dengan cat eksterior.
  • Cat pelapis ini sebaiknya digunakan pada bagian yang sering tergenang atau terkena air atau berhubungan langsung dengan air. Sebaliknya, cat eksterior justru tidak dirancang untuk terendam dalam genangan air.
  • Cat pelapis adalah jenis lapisan elastomerik, yang sangat elastis dan dapat menutupi retak rambut di dinding. Namun, cat ini tidak tahan terhadap kotoran, terutama ketika cuaca panas. Melihat hal ini, banyak cat pelapis yang kemudian berwarna abu-abu yang bertujuan untuk membantu menyembunyikan kotoran yang menempel di dinding. Sementara, cat eksterior lebih memiliki banyak pilihan yang menarik.
  • Cat waterproof umumnya menggunakan styrene acrylic, sedangkan cat eksterior menggunakan bahan lateks acrylic (acrylic murni).
  • Bahan styrene acrylic pada cat waterproof cenderung tidak bisa bertahan lama pada kondisi cuaca ekstrem, tidak seperti lateks acrylic 100 persen pada cat eksterior yang bisa diaplikasikan pada area yang lebih luas karena pemeliharaannya mudah.
  • Aplikasi cat waterproof biasanya pada sudut-sudut atau tempat rumah yang rentan bocor karena memiliki bahan pelapis kedap air, sedangkan cat eksterior lebih banyak digunakan pada dinding rumah.

Dalam proses penggunaannya pun, cat waterproof ini berbeda dengan cat pada umumnya. Sebelum menggunakan cat, Anda perlu mengetahui prosedur penggunaannya. Sebaiknya, Anda menyiapkan cat eksterior terlebih dahulu jika Anda ingin menggunakan cat tembok waterproof. Cat bagian dinding yang Anda inginkan menggunakan cat eksterior. Ada baiknya ketika Anda mengecat tembok, Anda hanya menggunakan pola searah. Pola mewarnai dinding searah akan menghasilkan tekstur lebih rapi. Selain itu, pola ini akan membuat tampilan warna pada dinding lebih merata.

Setelah Anda mengecat dinding menggunakan cat eksterior, langkah berikutnya yaitu meramu cat waterproof. Dalam penggunaannya, beberapa cat tidak perlu dicampur pengencer dan ada pula cat yang harus dicampur dengan pengencer. Untuk itu, perhatikan terlebih dahulu cat waterproof yang ingin Anda ramu. Lapisi dinding yang telah dicat menggunakan pelapis cat waterproof. Anda disarankan melapisi dinding dengan 2 hingga 4 kali lapisan cat waterproof. Semakin lapisannya, akan semakin tahan lama dan tahan bocor dinding Anda. 

Kuas cat

Kuas cat

Harga Cat  Waterproof

Merk Cat WaterproofHarga SebelumnyaHarga Sekarang
No DropUkuran 1 kg: Rp78.200

Ukuran 4 kg: Rp208.000

Ukuran 20 kg: Rp834.000

Rp50.000

Rp160.000

Rp730.000

BitadurUkuran 1 kg: Rp68.500

Ukuran 4 kg: Rp169.900

Ukuran 20 kg: Rp674.500

Rp40.900

Rp183.000

Rp881.800

Bitacem 120Ukuran 3 kg: Rp75.700 - Rp85.300

Ukuran 30 kg: Rp358.300 - Rp400.800

Rp82.000

Rp590.000

AquaproofUkuran 1 kg: Rp82.175

Ukuran 4 kg: Rp200.400

Ukuran 20 kg: Rp900.450

Rp59.400

Rp203.500

Rp891.000

Sika Rain TiteUkuran 1 kg: Rp84.100

Ukuran 4 kg: Rp250.275

Ukuran 20 kg: Rp900.800

Rp69.000

Rp145.000

Rp850.000

Dulux AquashieldUkuran 1 kg: Rp97.000

Ukuran 20 kg: Rp797.000

Rp59.000

Rp955.000

Nippon Elastex-4 kg : Rp180.000
Mowilex -4 kg : Rp200.000

Daftar harga cat waterproof di atas kami rangkum dari berbagai situs jual beli online dan toko bangunan yang menjual cat tembok waterproof. Daftar harga cat tersebut tentu saja bisa berbeda-beda untuk masing-masing wilayah. Selain itu, harga di atas juga dapat berubah-ubah sesuai dengan kebijakan tiap toko yang Anda kunjungi.

Selain bisa mengetahui harga cat tembok dengan langsung mengunjungi tokonya, Anda juga bisa mengetahui perubahan harga melalui aplikasi jual beli online. Menggunakan aplikasi jual beli online, Anda pun bisa membandingkan harga tiap produk cat di berbagai toko. Selain itu, akan lebih praktis dan mudah mendapatkan cat tanpa harus susah pergi ke tokonya.

Cara membeli cat tembok waterproof menggunakan aplikasi jual online sangat mudah. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa langsung mendaftarkan diri Anda pada aplikasi dan memilih jenis barang yang ingin Anda beli. Setelah memilih cat waterproof, Anda bisa langsung membuat pesanan dan menunggu pesanan tersebut datang ke rumah Anda. Jangan lupa sebelumnya, Anda juga harus melakukan pembayaran. Untuk pembayaran, bisa Anda lakukan lewat ATM atau minimarket.

[Update: Panca]

Baca juga  Update Harga Rumah Subsidi Tahun 2021 di Berbagai Wilayah
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Cat Tembok Waterproof"