Harga Buah Vanili Kering dan Basah Terbaru di Pasaran

2 comments17744 views

Sebagian dari Anda mungkin tidak asing lagi dengan buah bernama vanili. Ini adalah buah yang biasa digunakan sebagai bumbu dan pewangi , termasuk roti, kue, dan lain-lain. Buah vanili sendiri sering disebut sebagai ‘si emas hijau’ merujuk harganya yang tergolong mahal. Di , buah vanili kering per kg bisa menembus angka Rp6 jutaan.

Buah Vanili Kering - hargano.com

Buah Vanili Kering - hargano.com

Dikutip dari Wikipedia, vanili atau vanilla planifolia adalah tanaman penghasil vanili yang biasa dijadikan sebagai pengharum makanan. ini dihasilkan dari buahnya yang berbentuk polong. Jika vanili kualitas menengah harganya berkisar Rp15 ribu per 50 milimeter, maka vanili dengan kualitas super dilepas dengan harga menembus jutaan rupiah.

Masih menurut sumber yang sama, tanaman vanili kira-kira sebesar jari, berwarna hijau, agak lunak, beruas, dan berbuku. Panjang rata-rata tanaman ini adalah 15 cm, dengan tumbuhan melekat pada pohon atau tonggak yang telah disediakan. Daun vanili merupakan daun tunggal, dengan letak berselang-seling pada masing-masing buku, berwarna hijau terang dan memiliki panjang 10-25 cm dan lebar sekitar 5-7 cm. Bentuk daun pipih, berdaging, bulat telur, jorong atau lanset dengan ujung lancip.

Sementara itu, rangkaian bunga vanili adalah bunga tandan yang terdiri dari 15-20 bunga. Bunga keluar dari ketiak daun bagian pucuk batang. Bentuk bunganya duduk, berwarna hijau-biru agak pucat, panjang 4-8 cm, dan berbau agak harum. Bunga vanili terdiri dari 6 daun bunga (3 sepal, 3 petal) yang terletak dalam dua lingkaran. Daun bunga bagian luar (sepal) sedikit lebih besar daripada bagian dalam petal. Satu dari petal berubah bentuk, menggulung seperti corong yang disebut bibir (rostelum).

Baca juga  Fakta Mahalnya Harga Daun Pisang di Jepang

Layaknya kebanyakan tanaman lainnya, tanaman vanili bisa berbuah karena ada serangga yang membantu penyerbukan. Putik pada bunga vanili tertutup oleh bibir, sehingga penyerbukan secara alamiah terhalang, kepala sari (anther) berisi dua butir tepung sari, letaknya lebih tinggi daripada kepala putik. Keistimewaan dari bunga vanili yaitu kepala putiknya berisi cairan perekat. Bila tepung sari diletakkan di sana, akan segera menempel dan terjadilah pembuahan.

Ilustrasi: Buah Vanili (credit: wikimedia.org)

Ilustrasi: Buah Vanili (credit: wikimedia.org)

Saat yang baik untuk mengawinkan bunga vanili adalah pada pagi hari. Namun, hari-hari basah dan kering sekali tidak baik untuk penyerbukan. Berhasil atau tidaknya penyerbukan akan tampak setelah dua atau tiga hari. Bunga yang berhasil diserbuki akan berubah warnanya menjadi lebih pucat. Enam buah daun bunganya akan layu, tetapi tangkai bunganya tetap menempel pada tandan bunga. Bunga yang tidak berhasil diserbuki akan gugur. Setelah terjadi pembuahan antara 10-15 buah, bunga pada tandan yang masih kuncup sebaiknya dipangkas, agar zat makanan yang dihisap oleh tanaman diakumulasikan pada pembentukan dan pembesaran buah.

Pada waktu bunga mekar, panjang bakal buah 2-4 cm dengan garis tengah 5 mm. Satu minggu setelah penyerbukan, bakal buah itu dapat mencapai panjang 8-10 cm. Lima minggu kemudian, buah telah mencapai panjang maksimal 20-25 cm, dengan garis tengah 1,5 cm. Setelah buah mencapai perkembangan yang maksimal, lima atau enam bulan kemudian buah akan masak.

Warna buah mula-mula hijau muda, kemudian hijau tua disertai dengan garis-garis kuning menjelang masak. Buah yang telah masak berwarna coklat tua. Jika dibiarkan masak di pohon, buah akan pecah menjadi dua bagian, dan menyebarkan aroma vanili. Biji buah kecil-kecil, banyak sekali jumlahnya, berwarna hitam dan berukuran kira-kira 0,2 mm.

Baca juga  Harga Fungisida Antracol (100 gr, 250 gr, 500 gr, 1 kg)

Jenis Buah Vanili di Indonesia

  • Vanili Tahiti
  • Vanili Planifolia

Sebenarnya, tercatat lebih dari 110 jenis tanaman vanili di dunia. Namun, yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku industri makanan dan minuman olahan serta sebagai komoditas ekspor Indonesia adalah jenis Vanilla Planifolia. Buah vanili secara umum digunakan sebagai pengharum olahan makanan. Selain itu, buah ini ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk meningkatkan pertumbuhan rambut, mempercepat penyembuhan, mengurangi peradangan, mencegah penyakit kronis, dan melindungi jantung. Berikut manfaat kesehatan dari buah vanili, seperti dilansir dari Organic Facts.

Ilustrasi: Jenis Tanaman Vanilla Planifolia (credit: foodnavigator)

Ilustrasi: Jenis Tanaman Vanilla Planifolia (credit: foodnavigator)

Manfaat Buah Vanili

  • Vanili memiliki zat bernama vanillin, yang telah terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Ini penting bagi mereka yang memiliki risiko tinggi untuk mengalami serangan jantung dan stroke, karena kolesterol rendah dapat mencegah pembengkakan di arteri dan pembekuan darah.
  • Sifat anti-bakteri dari vanili mampu melawan jerawat, karena mampu menghilangkan infeksi yang mendasarinya dan mempercepat proses penyembuhan kulit.
  • Vanili sering termasuk dalam produk kebersihan dan kecantikan karena memiliki efek pada rambut dan kulit. Jika Anda sering mengalami perpecahan atau rambut rontok, gunakan minyak esensial vanili karena dapat meningkatkan aliran darah ke kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut menjadi lebih kuat.
  • Antioksidan yang terdapat dalam ekstrak vanili, terutama vanilli yang tinggi, dipercaya dapat mencegah efek negatif radikal bebas, seperti kanker dan penyakit kronis.

Indonesia bahkan menjadi salah satu penghasil vanili (vanili bean) di dunia. Sayangnya, di Indonesia lebih banyak esens vanili atau vanili sintetis daripada ekstrak vanili. Ekstrak vanili jarang dijual karena terdapat kandungan alkohol. Meski begitu, kandungan alkohol tersebut akan menguap saat proses pemanasan atau pemanggangan dan meninggalkan rasa alami vanili dalam kue.[1]

Ilustrasi: Harga Vanili Kering (credit: francostigan)

Ilustrasi: Harga Vanili Kering (credit: francostigan)

Harga Buah Vanili per Kg

Varian Buah VaniliHarga (Rp)
Vanili Basah 1 kg500.000 – 875.000
Vanili kering perkilo4.000.000 – 5.700.000
Vanili kering pelani (Sulawesi Selatan) 1 kilogram5.700.000
Vanili Tahiti (Papua) per kg6.000.000
Vanili Premium Grade A 1kg (Planifolia)8.500.000
Baca juga  Info Manfaat Bunga Telang dan Harga di Pasaran

Seperti dikatakan di atas, buah vanili sering disebut sebagai ‘si emas hijau’ merujuk harganya yang tergolong mahal. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, buah vanili mengalami perubahan harga pada 2021. Di pasaran dalam negeri, dilansir dari beberapa situs jual beli online, buah vanili kering tampaknya mengalami kenaikan untuk harga tertinggi yang awalnya hanya Rp5 jutaan, kini merangkak mencapai Rp5,7 jutaan. Sementara, di pasar luar negeri, berdasarkan data Eurovanille, harga vanili bisa menembus 200 dolar AS per kg.

Ada beberapa faktor yang membuat harga buah vanili terus meroket yaitu tua di pohon, besar dan kecil, pengolahan, dan jumlah kadar airnya. Kadar air vanili yang bagus di antara 10-15 persen, tetapi yang standar dan banyak dicari kadar air 12 persen. Petani vanili di Indonesia sendiri terbilang masih sedikit, sehingga produksi vanili cenderung minim. Di sisi lain, kebutuhan dan konsumsi vanili di masyarakat justru terus meningkat. Selain itu, masih sedikit petani yang mengetahui cara membudidayakan vanili dengan baik.

[Update: Ditta]

 

[1] Wongso, Ivan. My Delicious Life Stories (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2015), hlm. 19

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.
  1. author

    Sukma Hasryanto HS9 bulan ago

    Sy Berminat dan ingin selalu mendapatkan informasi terbaru untk budidaya dan harga vanili di sulawesi selatan dan sulawesi barat

    Reply
  2. author

    Tomson franico pasaribu4 bulan ago

    Info daftar harga vanili kering

    Reply

Leave a reply "Harga Buah Vanili Kering dan Basah Terbaru di Pasaran"