Harga Buah dan Bibit Jambu Jamaika

No comment401 views

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan jambu. Ini adalah salah satu yang diklaim punya kandungan C yang sangat tinggi, bahkan disebut-sebut lebih tinggi daripada jeruk. Jambu sendiri punya beragam jenis, dan salah satu yang mungkin sering disantap orang Indonesia adalah jambu Jamaika. Selain dijual dalam bentuk utuh, banyak juga yang menawarkan bibit jambu Jamaika dengan harga yang bisa dikatakan lumayan.

Buah Jambu Jamaika (credit: hubpages)

Buah Jambu Jamaika (credit: hubpages)

Bagi sebagian orang, mungkin tidak terlalu familiar dengan jambu Jamaika. Lalu, bagaimana dengan jambu air? Nah, jambu Jamaika ini konon merupakan salah satu spesies jambu air dengan buah berwarna merah. Tidak diketahui kenapa jenis ini dinamakan demikian. Konon, karena memiliki warna yang khas seperti orang Jamaika.

Seperti diketahui, jambu air adalah salah satu yang menjadi komoditas di Indonesia. Menurut data BPS pada tahun 1994, jumlah produksi jambu air mencapai 113,915 ton sepanjang 1993. Kemudian, pada 2007, produksi jambu air mencapai 103,156 ton.[1] Merupakan salah satu buah tropis, jambu air dengan nama latin Syzgium aqueum punya rasa yang manis dan segar serta mengandung banyak air, membuatnya menjadi primadona banyak orang.[2]

Baca juga  Terbaru, Kisaran Harga Kayu Bengkirai (Berbagai Ukuran)

Tanaman jambu air merupakan tanaman yang sangat mudah dibudidayakan. Karena, tanaman ini dikatakan dapat beradaptasi dan memiliki toleransi yang tinggi terhadap semua jenis . Indonesia sendiri memiliki banyak varian jambu air dengan berbagai warna, seperti putih, hijau, merah muda, merah, hingga merah kecokelatan.

Ciri dan Manfaat Jambu Jamaika

Seperti disampaikan di atas, jambu Jamaika merupakan salah satu spesies jambu air yang berwarna merah. Telah dibudidayakan di sejumlah lokasi, salah satu keunggulannya adalah mampu tumbuh dengan baik di dataran rendah dan dataran tinggi, bahkan sampai dengan ketinggian 1.200 mdpl. Buah jambu yang satu ini dapat berbuah terus sepanjang tahun. Musim bunga biasanya jatuh pada bulan Mei sampai Juni, sedangkan masa panen dapat berlangsung sekitar dua atau tiga bulan kemudian.

Manfaat Buah Jambu Jamaika (credit: amazon)

Manfaat Buah Jambu Jamaika (credit: amazon)

Bibit pohonnya bisa dikembangkan dengan cara cangkok atau okulasi. Selain ditanam di kebun, saat ini sudah banyak para pencinta tanaman buah yang melakukan budidaya dengan cara menanam jambu Jamaika di dalam pot atau yang terkenal dengan istilah Tabulampot Jambu Jamaika. Rasa buahnya yang manis menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk membudidayakannya.

Baca juga  Info Terbaru Harga Beras 1 Karung (All Merek dan Kemasan)

Di balik warnanya yang merah menyala serta kesegaran yang menggoda selera, jambu Jamaika ternyata juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Buah ini dikatakan memiliki sejumlah vitamin dan gizi untuk tubuh kita, seperti halnya vitamin C, vitamin A, air, thiamin, riboflavin, serat, karbohidrat, kalsium, dan lain-lain. Karena itu, secara umum apabila kita mengonsumsi jambu Jamaika ini, sama dengan mengonsumsi jambu air biasanya.

Dengan serat yang dimilikinya, jambu Jamaika tentunya baik untuk menjaga kesehatan Anda, menghindarkan Anda dari sembelit atau susah . Sementara, kandungan vitamin A dan C di dalamnya bagus untuk kesehatan Anda. Selain itu, buah ini juga dikatakan dapat menjaga kelembapan . Anda hanya perlu mengambil beberapa lembar daun muda dan mengolahnya menjadi jus, ditambah tomat atau beberapa alami lainnya.

Selain bagus untuk kesehatan kulit, vitamin C di dalam jambu Jamaika juga berkhasiat untuk meredakan sariawan ringan. Penderita hanya perlu mengonsumsi buah jambu tersebut secara rutin setiap hari. Manfaat lainnya adalah meredakan demam (dari buah, biji, maupun daunnya), meredakan nyeri haid bagi wanita, serta menjadi pengganti karbohidrat dan melancarkan buang air kecil.

Bibit Jambu Jamaika (credit: Facebook)

Bibit Jambu Jamaika (credit: Facebook)

Harga Buah Jambu Jamaika

Jika Anda ingin merasakan kesegaran jambu Jamaika, tidak sulit mendapatkan buah ini. Anda bisa membelinya di buah atau melalui sejumlah situs jual beli online. Harganya sendiri bervariasi, tergantung jenis buah. Umumnya, 1 kg buah jambu Jamaika ditawarkan dengan harga Rp49 ribuan. Namun, ada pula yang menjualnya dengan banderol Rp75 ribuan, bahkan lebih.

Baca juga  Info Lengkap Manfaat dan Harga Minyak VCO SR12

Harga Bibit Jambu Jamaika

Sementara, apabila Anda ingin membudidayakan buah tersebut, bisa berburu bibit jambu Jamaika di sejumlah toko bibit tanaman atau via beberapa situs e-commerce lokal. Untuk bibit yang diklaim unggul, dilepas dengan harga Ro55 ribuan per bibit. Ada pula yang menawarkan paket bibit dengan banderol mencapai Rp300 ribu sampai Rp500 ribuan. Sementara, untuk bibit yang standar, dijual dengan harga mulai Rp19 ribuan hingga Rp40 ribuan

 

[1] Iriani, Nanda Marlian, dkk. 2014. Analisis Hubungan Kekerabatan Jambu Air (Syzigium aqueum Burm.f. Alston) di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar Berdasarkan Karakter Morfologi. JOM FMIPA Universitas Riau, Vol. 1(2).

 

[2] Verheij, E.W.M. dan R.E. Coronel. 1992. Edible Fruits and Nuts. Bogor: Plant Resources of South East Asia.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Buah dan Bibit Jambu Jamaika"