Harga Braxidin Tablet dan Strip untuk GERD

No comment185 views

Gangguan , atau sering disebut maag, merupakan salah satu masalah yang kerap dialami banyak orang. Ini tentu dapat membuat aktivitas menjadi tidak nyaman, bahkan bisa menyebabkan hal yang lebih serius. Untungnya, saat ini sudah tersedia banyak merk yang diklaim dapat membantu meringankan tersebut, termasuk Braxidin, yang dijual dengan lumayan terjangkau.

Harga Braxidin Tablet dan Strip - www.bukalapak.com

Harga Braxidin Tablet dan Strip - www.bukalapak.com

Harus diakui, tingkat kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan lambung dan sistem pencernaan memang masih rendah. Hal ini yang lantas menyulut tingginya angka kasus sakit maag atau gastritis. Ini adalah peradangan mukosa lambung yang disebabkan oleh faktor iritasi dan infeksi.[1] Jika tidak segera ditangani, penyakit ini ternyata dapat merusak fungsi lambung dan bahkan meningkatkan risiko untuk kanker lambung hingga kematian.

Gastritis ini biasanya diawali oleh pola makan yang tidak teratur. Kebiasaan makan yang buruk dan mengonsumsi makanan yang tidak higienis juga dapat menjadi faktor risiko terjadinya gastritis.[2] Selain itu, juga disebabkan ketidaksesuaian lambung dengan makanan yang dikonsumsi, seperti makanan pedas (cabai atau merica) atau makanan yang memiliki kadar lemak tinggi, sehingga produksi asam lambung menjadi tidak terkontrol.[3]

Baca juga  Info Lengkap Varian dan Harga Dnars Skincare

Di seluruh dunia, penyakit maag ini bisa dikatakan sebagai salah satu yang terbesar, diperkirakan diderita oleh 1,7 miliar orang. Di negara yang sedang berkembang, infeksi biasanya terjadi di usia dini, sedangkan di negara maju didominasi oleh orang dewasa dan tua. Menurut sebuah studi, penderita gastritis lebih didominasi oleh wanita daripada .

Sakit maag juga merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi di Indonesia. Menurut data dari beberapa pusat endoskopi di Indonesia, seperti dikutip dari Alodokter.com, ada sekitar 7000 kasus sakit maag yang dilakukan endoskopi, dan lebih dari 85 persen merupakan dispepsia fungsional. Dispepsia fungsional merupakan kondisi sakit maag yang tidak diketahui penyebabnya.

Sebagian sakit maag memang bersifat ringan dan dapat diatasi tanpa harus berkonsultasi dengan dokter. Meski demikian, pasien disarankan untuk segera menemui dokter atau layanan kesehatan jika mengalami sakit maag secara terus-menerus dan disertai dengan gejala seperti muntah, susah menelan, pada ulu hati, dan berat badan terus menurun tanpa sebab.

Jika kondisinya ringan, sakit maag dapat hilang dengan sendirinya. Namun, apabila sudah parah, dapat diatasi dengan obat-obatan seperti antasida, antibiotik, atau antidepresan. Penggunaan obat maag dan terapi, seperti meditasi dan relaksasi, juga dikatakan cukup manjur untuk membantu mengatasi gangguan akibat penyakit gastritis.

Baca juga  Update Biaya Kuret di Rumah Sakit Usai Keguguran

Indikasi Braxidin

Tidak sulit menemukan obat maag karena umumnya obat ini sudah dijual bebas di pasaran, bahkan dapat ditebus di tanpa menggunakan resep dokter. Dari sekian banyak merk yang beredar, salah satu yang kerap direkomendasikan adalah Braxidin. Ini adalah obat yang mengandung chlordiazepoxide dan Clidinium Br. Braxidin dapat digunakan sebagai terapi gangguan saraf otonom dan somatik karena cemas, mengatasi gejala tukak lambung dan tukak usus 12 jari, iritasi dan kejang usus, sindroma iritasi usus, kolitis, diare, hingga nyeri perut ketika haid.

Obat untuk Sakit GERD - reboundrehab.com

Obat untuk Sakit GERD - reboundrehab.com

Dosis Braxidin

  • Dewasa, bisa mengonsumsi 3 sampai 4 tablet sehari, atau sesuai petunjuk dokter.
  • Orang lansia dan penderita yang lemah, dapat mengonsumsi 1 sampai 2 tablet sehari untuk tahap awal, kemudian ditingkatkan secara bertahap sampai dengan dosis efektif.

Efek Samping dan Kontraindikasi Braxidin

Seperti kebanyakan obat lainnya, Braxidin juga memiliki efek samping, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan. Efek samping yang mungkin terjadi termasuk gangguan mental dan penglihatan, mengantuk, amnesia, ketergantungan, retensi urine (kesulitan buang air kecil), dan hipotensi. Selain itu, obat ini tidak disarankan diberikan kepada pasien yang memiliki riwayat hipersensitif terhadap komposisi di dalam Braxidin.

Baca juga  Kandungan, Indikasi, Cara Pakai dan Harga Pil KB Diane

Harga Braxidin

Saat ini, Braxidin dijual dengan harga mulai Rp5.700 hingga Rp9.500 per tablet atau secara eceran. Sementara, jika membeli per strip isi 10 tablet, harganya berkisar Rp75 ribu hingga Rp110 ribuan, tergantung kebijakan masing-masing penjual. Untuk mendapatkan obat ini, Anda hanya bisa membelinya menggunakan resep dokter, terutama jika membeli di apotek. Namun, ada juga pedagang yang menawarkan obat tersebut di sejumlah situs online.

[1] Putri, Anisha Tiara, Farit Rezal, Akifah. 2017. Efektifitas Media Audio Visual dan Leaflet terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Tentang Pencegahan Penyakit Gastritis pada Santriwati di Pondok Pesantren Hidayatullah Putri dan Ummusshabri Kota Kendari Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, Vol. 2(6).

[2] Wahyu, A. 2011. Maag dan Gangguan Pencernaan. Jakarta: PT Sunda Kelapa Pustaka.

[3] Yuliarti, R. 2010. Maag: Kenali, Hindari dan Obati. Yogyakarta: CV Andi.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Braxidin Tablet dan Strip untuk GERD"