Harga Bisolvon Extra (Kemasan 60 ml dan 125 ml)

Batuk bisa menjadi masalah yang serius jika dibiarkan begitu saja, terutama jika Anda mengalami batuk berdahak. Nah, salah satu merk obat yang terbilang laris untuk mengatasi penyakit ini adalah Bisolvon. Obat ini tidak hanya tersedia dalam kemasan tablet, tetapi juga syrup (Bisolvon Extra) dalam isi 60 ml dan 125 ml, yang dijual dengan harga relatif terjangkau.

Ilustrasi: Sakit Batuk (credit: mcknights)

Ilustrasi: Sakit Batuk (credit: mcknights)

Kandungan dan Bisolvon Extra

Batuk sebenarnya bukan termasuk penyakit, tetapi gejala penyakit sebagai upaya pertahanan paru-paru terhadap berbagai rangsangan yang ada dan refleks fisiologis yang melindungi paru-paru dari trauma mekanik, kimia, dan suhu.[1] Bisa dibilang, gejala ini adalah pertanda jika Anda mengalami gangguan atau penyakit di sistem pernapasan.

Secara umum, batuk memiliki banyak macam, seperti batuk darah, batuk kering, dan batuk berdahak. Dari semua gejala ini, batuk berdahak merupakan yang sering menyerang banyak orang. Sebagai solusi penyembuhan, Anda bisa minum obat batuk sirup seperti Bisolvon Extra yang bisa Anda beli secara bebas di apotek terdekat.

Obat ini memiliki indikasi sebagai sekretolitik (mukolitik) dan ekspektoran untuk meredakan batuk berdahak sekaligus mempermudah pengeluaran dahak. Dalam 5 ml obat batuk ini, mengandung 4 mg N-cyclohexyl-N-methyl-(2-amino-3,5-dibromobenzyl) amine hydrochloride atau biasa dikenal dengan HCL dan guaifenesin 100 mg.

Baca juga  Update Biaya Pasang Gigi Palsu Permanen dan Lepasan

Dilansir dari website resminya, Bisolvon Extra bisa disebut sebagai kombinasi dari sekretolitik, yakni bromhexine dan ekspektoran berupa guaiphenesin. Bromhexine memiliki cara yang unik dengan mengencerkan secret, mukoprotein, dan mukopolisakarida pada saluran pernapasan, sehingga dahak bisa dikeluarkan. Sementara itu, guaiphenesin merupakan ekspektoran untuk meningkatkan aliran pada saluran pernapasan, sehingga pasien bisa bernapas dengan lega dan tidak mengalami sesak akibat dahak yang menyumbat saluran pernapasan.

Ilustrasi: Varian Produk Bisolvon (credit: gulalilaily)

Ilustrasi: Varian Produk Bisolvon (credit: gulalilaily)

Dosis dan Aturan Pakai Bisolvon Extra

Supaya batuk Anda lekas sembuh, Anda tidak bisa mengonsumsi Bisolvon Extra sembarangan. Untuk anak-anak usia 2 hingga 6 tahun, bisa minum 2,5 ml sebanyak 3 kali sehari. Lalu, untuk anak usia 6 hingga 12 tahun, dianjurkan minum obat ini sebanyak 5 ml 3 kali sehari. Sementara itu, untuk dewasa dan anak usia 12 tahun, dianjurkan minum obat ini dengan dosis 10 ml sebanyak 3 kali sehari.

Baca juga  Harga MS Glow Acne (Paket dan Satuan)

Anda bisa mengonsumsi obat ini setelah makan atau bersamaan dengan makan. Sirup ini tidak bisa dikonsumsi dalam waktu panjang dan hanya boleh diminum jika membutuhkan. Kelebihan atau kekurangan dosis bisa menyebabkan penurunan kesehatan. Selain itu, hindari penggunaan obat batuk ini pada tiga bulan pertama masa kehamilan dan pada masa menyusui. Dikhawatirkan, kandungan obat bisa memengaruhi kesehatan janin dalam kandungan dan bayi yang sedang menyusu. Sebaiknya Anda meminta resep obat lain pada dokter untuk menyembuhkan batuk Anda ketika hamil dan menyusui.

Obat ini juga tidak disarankan untuk pasien yang memiliki gejala alergi atau hipersensitif terhadap kandungan obat, terutama bromheksin. Ini karena obat bisa memicu reaksi alergi parah, di antaranya mual, muntah, pusing, nyeri otot, dan kejang. Beberapa pasien juga mengalami gatal-gatal akibat alergi kandungan obat.

Kontraindikasi Bisolvon Extra

  • Guaifenesin dianggap tidak aman pada pasien dengan porfiria karena telah terbukti porphyrinogenic pada hewan.
  • Pada kasus kelainan bawaan yang sifatnya jarang, yaitu kondisi ketidakcocokan dengan tambahan yang terkandung dalam produk obat (lampiran komposisi produk), maka penggunaan produk dikontraindikasikan.
  • Pemberian bersamaan dengan antibiotika (amoksisilin, sefuroksim, eritromisin, doksisiklin) akan meningkatkan konsentrasi antibiotika.
Baca juga  Info Terbaru Harga Pipet Tetes (Berbagai Ukuran)

Selain memiliki kontraindikasi, obat ini memiliki efek samping. Efek samping yang dialami setiap pasien biasanya tidak sama, tergantung dari kondisi kesehatan dan daya tahan tubuhnya. Berikut adalah beberapa efek samping yang umum terjadi akibat konsumsi Bisolvon Extra.

Ilustrasi: Dosis Bisolvon Extra (credit: Tokopedia)

Ilustrasi: Dosis Bisolvon Extra (credit: Tokopedia)

Efek Samping Bisolvon Extra

  • Gangguan sistem kekebalan tubuh, gangguan jaringan kulit dan subkutan dan gangguan pernapasan, mediastinum dan torak.
  • Gangguan saluran cerna, antara lain muntah, diare, mual, dan nyeri perut bagian atas.
  • Gangguan sistem saraf dan sakit kepala.

Harga Bisolvon Extra

Varian Kemasan Bisolvon ExtraHarga (Rp)
Bisolvon Extra 60 ml51.727
Bisolvon Extra 125 ml86.933

Harga obat batuk sirup di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga Bisolvon Extra tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Purwanto, Intan Fahdelasari, A. Imandiri, Lusiana Arifiant. . Kombinasi Akupunktur serta Herbal Kunyit - Akar Manis pada Terapi Batuk Kronis. Journal of Vocational Health Studies, Vol. 1: 121-125.

author

Leave a reply "Harga Bisolvon Extra (Kemasan 60 ml dan 125 ml)"