Info Lengkap Kandungan Gizi dan Harga Bibit Porang

Tanaman porang telah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Pada zaman penjajahan Jepang, umbi tanaman ini berjasa dalam mendukung ketahanan pangan terutama bagi masyarakat yang terkendala untuk menyediakan beras atau bahan pangan karbohidrat lainnya. Porang pun kini tetap eksis dibudidayakan dengan harga bibit yang terjangkau di pasaran.

Umbi porang (sumber: inakoran.com)

Umbi porang (sumber: inakoran.com)

Porang merupakan salah satu jenis tanaman iles-iles yang tumbuh di dalam hutan. Porang dari famili Araceae merupakan tumbuhan semak (herba) yang berumbi di dalam tanah. Tanaman porang dapat tumbuh hingga tinggi 100-150 cm, berbatang halus dengan tangkai dan daunnya yang berwarna hijau tua bergaris-garis disertai bercak putih.

Tanaman porang menyukai lingkungan dengan daerah tinggi dan kelembapan cukup.[1] umbi porang berwarna kekuningan, berisi karbohidrat yang berfungsi untuk selanjutnya. tanaman porang berupa serabut berwarna putih. yang berjumlah banyak ini tumbuh dari batang dan kulit umbi yang berguna untuk memperluas daya serap air dan zat hara dari dalam tanah.

Tanaman ini banyak dijumpai di Asia seperti di Jepang dikenal sebagai konjac (A. konjac) dan di Indonesia dikenal dengan nama porang. Selain porang, tanaman ini juga kerap disebut iles-iles, bunga bangkai Jawa, hingga konjak atau elephant foot yam. Porang lebih banyak digunakan di dunia industri untuk mengilapkan kain, perekat kertas, cat, dan wool. Porang juga sering digunakan sebagai pengganti agar-agar dan gelatin dalam pembuatan negatif film, isolator seluloid, serta sebagai bahan penjernih dalam industri bir, gula, minyak, dan serat.

Baca juga  Terbaru, Kisaran Harga Genteng Aspal di Pasaran

Dahulu umbi yang satu ini dianggap tidak layak jual karena tumbuhan dan bunganya berbau busuk. Namun, saat ini porang banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan alternatif dengan sifat tepungnya yang dapat dijadikan substitusi untuk tepung gandum. Di , porang telah dijadikan salah satu ekspor penting untuk bahan konyaku atau mie dan shirataki yang kemudian diekspor ke Jepang.

Gizi Porang

Jumlah
Energi69 Kkal
Karbohidrat15,7 gr
Protein1 gr
Lemak0,1 gr
Kalsium62 mg
Fosfor41 mg
Besi4,2 mg

*Kandungan gizi porang per 100 gr

Tanaman Porang dikenal dengan nama latin Amorphophallus muelleri Blume merupakan tanaman herbal yang mengandung karbohidrat cukup tinggi berupa glukomanan. Sebagai serat aktif yang dapat digunakan untuk diet. Makanan yang mengandung glukomanan tidak direkomendasikan dimakan  bersamaan dengan suplemen lain. Hal ini dikarenakan, secara teoritis glucomannan bila ditelan dapat mengeblok suplemen diet lain berupa atau nutrisi lain, bila dimakan pada waktu bersamaan.[2]

Bibit porang (sumber: sarjanatani.com)

Bibit porang (sumber: sarjanatani.com)

Umbi suweg atau porang berpotensi sebagai makanan alternatif diet bagi penderita diabetes karena nilai indeks glikemik cukup rendah sekitar 42. Selain bermanfaat untuk diet, bahan makanan dengan IG rendah dapat dijadikan alternatif untuk terapi penderita diabetes. Terlebih, umbi porang mengandung serat yang tinggi dan tanpa kolesterol.

Baca juga  Ciri dan Info Terbaru Harga Tanaman Jahe per Kg

Harga Bibit Porang Berbagai Kemasan

Varian Bibit PorangHarga (Rp)
Bibit Porang Polybag7.000
Bibit Porang isi 15 biji45.000
Benih Bunga Porang Kering 100 biji50.000
Bibit Umbi Porang isi 50 biji75.000
Bibit Umbi Porang 1 kg isi 100 biji145.000
Bibit Porang Biji Katak per kg199.000
Paket Hemat Bibit Porang 5 kg365.000
Paket Hemat Bibit Porang 10 kg650.000

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Anda dapat membeli bibit porang di toko pertanian terdekat maupun memesannya secara online melalui sejumlah marketplace dengan harga bervariasi. Sebagai tambahan referensi, harga jual bibit Porang di Jawa Tengah ditaksir mulai Rp100 ribu per kg dengan kualitas super. Sementara itu, di Jawa Timur tepatnya di Ponorogo, harga bibit porang dibanderol mulai Rp85 ribu hingga yang paling mahal mencapai Rp250 ribu per kilogram kualitas super.

Baca juga  Update Manfaat dan Harga Asam Jawa di Pasaran

Untuk mulai membudidayakan porang, Anda cukup menyiapkan jenis bibit umbi kecil yang diperkirakan membutuhkan biaya mencapai Rp40 juta untuk 30.000 sampai 40.000 bibit per hektare. Selain itu, Anda dapat menyiapkan biaya perawatan dan pemupukan hingga Rp45 juta dalam satu tahun. Nah, untuk hasil selama 1 tahun dalam tanah seluas 1 hektare ditotal dapat mencapai 35 ton. Dalam 35 ton porang basah jika dijadikan chips atau dikeringkan menjadi 12 ton sampai 14 ton porang kering dengan harga jual Rp60 ribu per .

[1] Sunarti. Serat Pangan Dalam Penanganan Sindrom Metabolik. (Yogyakarta: UGM Press, 2018), hlm. 27

[2] Fatchiyah. Kajian Nutrigenomik dan Kesehatan: Nutrisi Berbasis Genomik dan Proteomik. (Malang: UB Press, 2018), hlm. 42

loading...
author

Leave a reply "Info Lengkap Kandungan Gizi dan Harga Bibit Porang"