Info Lengkap Keunggulan dan Harga Bibit Lele Sangkuriang

Ikan lele merupakan komoditas unggulan air tawar dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat. Komoditas perikanan ini mudah dibudidayakan dengan harga terjangkau, sehingga dapat dinikmati oleh lapisan masyarakat bawah. Permintaan lele, baik konsumsi maupun benih terus meningkat. Bahkan, hingga kini permintaan lele untuk lokal saja belum dapat terpenuhi.

Ikan Lele (sumber: Tempo)

Ikan Lele (sumber: Tempo)

Permintaan lele konsumsi cukup besar untuk pasar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Permintaannya setiap hari tidak kurang dari 75 ton atau 2.250 ton per bulan dengan nilai perputaran uang sekitar Rp20 miliar per bulan. Berdasarkan data terbaru pada 2005, produksi lele nasional yaitu, 60 ribu ton tahun 2004 menjadi 79 ribu ton pada 2005.

Data kebutuhan benih juga mengalami peningkatan pesat dari 156 juta ekor pada tahun 1999, meningkat mencapai 360 juta ekor pada 2003. Peningkatan terjadi rata-rata sekitar 46% per tahun. Revitalisasi lele sampai dengan akhir tahun 2009 ditargetkan mencapai produksi 175 ribu ton atau meningkat rata-rata ,64% per tahun.

Penyebaran lele di berada di Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan. Saat ini, sentra budidaya lele telah banyak tersebar di sejumlah daerah di Indonesia, seperti di Jawa Timur yang berpusat di Tulungagung, Jombang, Kediri, Nganjuk, dan Ngawi. Di Jawa Tengah, sentra budidaya lele yakni di Boyolali, Yogyakarta, Sleman dan Kulonprogo. Di Jawa Barat, sentranya berada di Parung (Bogor) dan Losarang (Indramayu). Sedangkan di Sumatera, berlokasi di daerah Perbaungan.

Ilustrasi: Panen Lele Sangkuriang (sumber: sumatra.bisnis)

Ilustrasi: Panen Lele Sangkuriang (sumber: sumatra.bisnis)

Budidaya lele ternyata mampu menggerakkan ekonomi rakyat. Pasalnya, melalui sentra jual beli lele dapat menggerakkan ribuan masyarakat yang terlibat mulai dari pembenihan, pembesaran, pabrik pakan, sektor transportasi, hingga pedagang. Sementara itu dari banyaknya jenis ikan lele, jenis lele Dumbo terbilang dominan dipasarkan di Indonesia.

Baca juga  Info Terbaru Harga Bibit Jagung Manis di Pasaran

Lele Dumbo memiliki peluang masuk ke pasar internasional (ekspor) karena tekstur daging, ukuran, dan kuantitasnya sudah memenuhi persyaratan untuk dijadikan komoditas ekspor mancanegara. Permintaan pasar ekspor lebih banyak pada lele Dumbo berukuran di atas 500 gram per ekor. Ekspor lele dari Indonesia kini sudah dilakukan perusahaan dari Belanda dengan mengekspor 20 ton per hari dari Danau Toba.

Keunggulan Lele Sangkuriang

Salah satu varietas unggulan lele dumbo adalah lele Sangkuriang. Lele Sangkuriang merupakan perkawinan antara lele Dumbo F2 dengan lele Dumbo jantan >F6 dan menghasilkan lele Dumbo jantan F2-6. Selanjutnya, lele Dumbo Jantan F2-6 dikawinkan kembali dengan lele Dumbo betina F2 sehingga dihasilkan lele Sangkuriang.

Dari hasil uji coba dan penelitian terbukti lele jenis Sangkuriang lebih unggul dibandingkan dengan jenis lele Dumbo biasa. Perbaikan genetika melalui cross breeding tersebut merupakan hasil rekayasa dari Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi. Salah satu keunggulan lele Sangkuriang pada umur 5-26 hari yakni pertumbuhan harian lele lebih cepat sekitar 29,26% lebih tinggi dari lele Dumbo biasa yang hanya 20,38%. Panjang standar lele Sangkuriang dapat mencapai 3-5 cm.

Bibit Lele Sangkuriang (sumber: Abah Fishfarm)

Bibit Lele Sangkuriang (sumber: Abah Fishfarm)

Pertumbuhan dan panjang standar harian tersebut akan terus meningkat pada benih usia 26-40 hari. Selama tiga bulan terpantau mencapai 3,53% pertumbuhan harian lele Sangkuriang. Benih (anakan) hasil dari indukan lele Sangkuriang hanya dapat dikembangkan atau dibudidayakan untuk kebutuhan lele konsumsi, sehingga tidak dijadikan calon indukan baru. Hal tersebut disebabkan anakan yang dihasilkan dari induk lele Sangkuriang akan menurun kualitasnya.[1]

Baca juga  Harga Cocopeat (1 Kg dan 1 Karung)

Harga Bibit Lele Sangkuriang di Pasaran Berbagai Ukuran

Ukuran Bibit Lele SangkuriangHarga (Rp)
Bibit Lele Sangkuriang ukuran 2-3 cm120 per ekor
Bibit Lele Sangkuriang ukuran 3-4 cm150 per ekor
Bibit Lele Sangkuriang ukuran 4-5 cm230 per ekor
Bibit Lele Sangkuriang ukuran 5-6 cm250 per ekor
Bibit Lele Sangkuriang ukuran 6-7 cm300 per ekor
Bibit Lele Sangkuriang ukuran 6-7 cm320 per ekor
Bibit Lele Sangkuriang ukuran 7-8 cm350 per ekor
Bibit Lele Sangkuriang ukuran 8-9 cm380 per ekor
Bibit Lele Sangkuriang ukuran 9-10 cm450 per ekor
Bibit Lele Sangkuriang ukuran 10-11 cm550 per ekor
Bibit Lele Sangkuriang ukuran 12-15 cm900 per ekor
Paket Bibit Lele Sangkuriang 50 gr75.000
Paket Bibit Lele Sangkuriang 100 ekor Limited (ukuran 7-8 cm)92.781
Bibit Lele Sangkuriang 1 kg130.000
Baca juga  Manfaat dan Update Harga Buah Zuriat KembarĀ 

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Harga bibit lele Sangkuriang tersebut tak mengikat karena dapat berubah sewaktu-waktu. Anda dapat membeli bibit lele Sangkuriang di sentra produksi lele. Untuk lebih praktis, Anda juga dapat memesan dari rumah melalui situs dengan harga bervariasi tergantung kebutuhan budidaya.

[1] Mahyuddin, Kholish. Panduan Lengkap Agribisnis Lele. (Jakarta: Niaga Swadaya, 2013), hlm. 24

author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Lengkap Keunggulan dan Harga Bibit Lele Sangkuriang"