Harga Alat Lem Tembak dan Isinya (All Merek)

No comment 84 views

Lem merupakan salah satu bahan atau alat yang sangat berguna untuk berbagai keperluan, terutama memasangkan satu objek ke objek lainnya. Selain manual (yang digunakan dengan tangan), saat ini sudah tersedia lem tembak lengkap dengan isinya. Dijual dengan harga bervariasi, mulai ribuan rupiah hingga ratusan ribu rupiah, lem tembak ini dinilai bisa membuat pekerjaan Anda menjadi lebih lekas rampung karena efisien.

Lem Tembak dan Isinya - (Sumber: bukapalak.com)

Lem Tembak dan Isinya - (Sumber: bukapalak.com)

Lem tembak, atau sering juga disebut dengan glue gun, adalah salah satu jenis lem yang terkenal efektif untuk merekatkan berbagai jenis material. Lem jenis ini memiliki beberapa dibandingkan lem konvensional, yaitu lebih cepat merekat dan lebih cepat keting. Selain itu, hasil rekatan lem jenis ini juga terbukti lebih kuat dan lebih tahan lama. Beberapa kegunaan lem tembak adalah sebagai berikut.

  • Memperbaiki yang rusak. -barang di dapat mengalami retak atau patah. Kerusakan seperti ini dapat diatasi dengan penggunaan glue gun. Lem jenis ini dapat digunakan pada -barang yang terbuat dari kayu, plastik, kain, dan lain-lain sehingga pada dasarnya lem berguna untuk memperbaiki banyak . Kegunaan lem tembak tentunya akan membantu memperbaiki kembali manik-manik bros yang patah, mata boneka yang lepas, atau gantungan baju yang patah.
  • Memudahkan Anda membuat kerajinan. Pasalnya, pemakaian lem jenis ini lebih mudah dan tidak belepotan. Kegunaan lem tembak untuk pencinta kerajinan adalah untuk membantu mereka dalam merekatkan hasil kerajinan seperti merekatkan bros, merekatkan hiasan pada kain flannel, dan lainnya. Memakai glue gun saat membuat kerajinan tangan juga akan membuat nilai jual lebih tinggi karena hasil rekatannya lebih kuat dan rapi.
  • Membantu mengemas barang dengan lebih mudah. Saat ingin membereskan rumah atau pindah rumah, barang-barang biasanya akan dimasukkan dalam kardus dan ditutup rapat. Untuk mengemas barang-barang ini dan agar dapat merekat sempurna dan tersusun rapi, Anda bisa menggunakan glue gun. Lem jenis ini dapat membantu merekatkan kardus atau kotak saat melakukan packing. Alhasil, barang-barang yang telah dikemas dalam kardus tidak ada risiko tercecer karena rekatan kardus yang terbuka. Inilah mengapa glue gun memang sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari.

Jenis-jenis Lem Tembak

Seperti kebanyakan, lem tembak juga memiliki banyak jenis dan varian. Beberapa jenis lem tembak yang telah populer di masyarakat adalah:

  • Glue gun GG-5, memiliki daya listrik 60 Watt dan cocok digunakan untuk kebutuhan rumahan. Lem dengan tipe GG-5 ini juga cocok untuk membuat kerajinan tangan karena dapat merekat lebih kuat sehingga hasil kerajinan tangan akan terlihat lebih rapi. Lem jenis ini sendiri sudah banyak tersedia di pasaran.
  • Glue gun Bosch PKP-18E, biasanya digunakan untuk kepentingan industri berskala lebih besar seperti pabrik. Lem jenis ini memiliki tegangan listrik 60 sampai dengan 200 Watt dengan kapasitas perekat 20 gram per menit. Lem jenis ini memiliki tegangan sekitar 100 sampai 240 Volt ketika beroperasi sehingga memang lebih cocok untuk kebutuhan industri, bukan rumahan.

Harga Lem Tembak dan Isinya

Untuk mendapatkan lem tembak memang tidak susah. Pasalnya, sudah banyak toko, termasuk toko ATK, yang telah menjual lem jenis ini, termasuk isinya. Nah, bagi Anda yang saat ini sedang mencari lem tembak, berikut kami sajikan kisaran harganya di pasaran.

/Tipe Lem Tembak Kisaran Harga (Rp)
Glue Gun Bakar 15 Watt 20.000
Glue Gun (On/Off) DHGL 20 Watt 27.500 – 30.000
KENMASTER Glue Gun 40 Watt 32.500
Eagle Brand Glue Gun Bakar 20 Watt 34.900
Hot Glue Gun 20 Watt HL-E20 100-240 VAC 39.000
PRESSOL Glue Gun 15 Watt 110/220 Volt 45.000
Gun Sealant/Caulking Gun 47.000
Glue Gun (On/Off) DHGL 60 Watt 49.500 – 55.000
Hot Melt Glue Gun 25 Watt Winner TL-9202 50.000
SHERLOCK Glue Gun 40 Watt Heavy Duty 50.000
ZEKI Glue Gun 60 Watt 55.000
Hot Glue Gun 11 mm GG-5 100-240 VAC 95.000
Glue Gun Bosch PKP-18E 669.000

Sementara, untuk isi ulang atau refill lem tembak, harganya bervariasi. Isi lem tembak dengan diameter 0,7 cm dan panjang 20 cm sekarang dijual dengan harga eceran mulai Rp500 per batang. Sementara, isi lem tembak lilin bakar dengan panjang 28 cm dipatok mulai Rp1.100 per batang, dan yang berukuran 30 cm ditawarkan mulai Rp1.500 secara eceran.

Baca juga  Info Terbaru Daftar Tarif Penginapan di Lembang, Bandung

Cara Menggunakan Lem Tembak

Setelah mengetahui harga lem tembak beserta isinya, lalu bagaimana cara menggunakan alat yang satu ini? Sebelum mulai menggunakan lem tembak, lebih baik Anda membaca petunjuk pemakaian alat ini, termasuk membaca peringatan keamanan dan keterangan dan jenis lem batang yang Anda butuhkan. Selain itu, sebelum memasang atau menggunakannya, amati seluruh bagian lem tembak untuk memeriksa adanya retakan, pecahan, atau tanda-tanda kerusakan lainnya.

Alat Lem Tembak - (Sumber: jualo.com)

Alat Lem Tembak - (Sumber: jualo.com)

Di samping itu, pastikan mulut pipa lem ini bersih dari sisa lem. Lelehan lem seharusnya dapat mengalir dengan lancar dari ujung lem tembak. Jika perlu, lepaskan mulut pipanya kemudian usapkan secarik aluminium foil untuk mengelupas sisa lem yang telah mengering, atau gunakan tusuk gigi untuk membersihkan lubangnya.

Nah, untuk mulai menggunakan, pasangkan lem batang ke bagian belakang alat ini. Setelah itu, pasangkan kabel lem tembak ke colokan listrik dan elemen pemanas pada lem tembak selanjutnya akan mulai menghangatkan lem batang di dalamnya. Tunggu selama beberapa menit hingga lem memanas, dan setelah cukup leleh, lem akan mulai mengalir keluar dari mulut pipa saat pelatuk lem ditekan (sebaiknya ditekan secara perlahan), dan Anda bisa menunggu sampai lem mengering.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Harga Alat Lem Tembak dan Isinya (All Merek)"