Ditawarkan Dengan Harga Terjangkau, Dapatkah Flutop C Dikonsumsi Anak di Bawah 1 Tahun?

Flutop C merupakan merek sebuah produk yang diindikasikan untuk alergi, alergi serbuk bunga, pilek, mata berair, tenggorokan gatal atau kulit, syok anafilaktik, sakit kepala, sakit gigi,nyeri pada sendi, hingga flu dan gangguan lainnya.  

Obat ini dianggap mampu meningkatkan kondisi pasien dengan melakukan beberapa fungsi berikut, di antaranya memblokir situs-situs H1-reseptor pada jaringan, penurunan aktivitas di bagian otak yang menyebabkan batuk, mengurangi dahak di saluran udara, meningkatkan ambang rasa sakit dan meningkatkan aliran darah di kulit, kehilangan panas dan berkeringat. Hingga merangsang reseptor alfa-adrenergik yang menghasilkan vasokonstriksi dan mengurangi edema jaringan dan hidung tersumbat.

Obat Cair Sirup - (Sumber: lockthecabinet.com)

Obat Cair Sirup - (Sumber: lockthecabinet.com)

Dengan mengkonsumsi obat Flutop C dianggap  mampu meringankan gejala flu. Meski kerap dianggap sebagai jenis yang sederhana, namun flu juga dirasa sangat mengganggu penderitanya. ini terjadi akibat infeksi yang menyerang saluran pernapasan. Masa di mana flu paling menular terjadi adalah pada saat sehari sebelum gejala muncul dan sekitar enam hari berikutnya.

Gejala-gejala flu yang biasa dirasakan oleh penderita di antaranya adalah demam, sakit kepala, batuk, pegal, kehilangan nafsu makan, serta sakit pada tenggorokan. Gejala ini akan bertambah parah selama 2 hingga 4 hari sebelum membaik dan sembuh.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Operasi Penyakit Katarak di Rumah Sakit

Langkah flu ini biasanya tidak perlu membutuhkan penanganan , karena dirasa cukup dengan mengkonsumsi berbagai obat flu dengan terjangkau yang beredar di pasaran, seperti obat Flutop C yang bisa didapatkan di beberapa apotik dan toko lainnya dengan Rp5 ribuan hingga Rp6 ribuan untuk satu box kemasan Flutop C Syrup 60 ml.

Dalam satu kemasan botol ini mengandung komposisi berupa Paracetamol, Chlorpheniramine maleate, Phenylpropanolamine HCl, Noscapine, Dectromethorphan HBr, dan Glyceryl guaiacolate. Dengan dosis, untuk dewasa: 3 kali sehari 4 sendok teh dan usia 6-12 tahun: 3 kali sehari 2 sendok teh. Dikonsumsi pada saat setelah makan. Selain tersedia dalam kemasan sirup, jenis obat bebas ini juga tersedia dalam kemasan tablet. Untuk kemasan tablet dijual seharga Rp1.167 per tablet. Obat ini diproduksi oleh PT Ifars Indonesia dan telah terdaftar di BPOM.

Sama seperti jenis obat lainnya, setelah mengkonsumsi obat Flutop C ini dianggap  memiliki efek samping, antara lain mengantuk, gangguan pencernaan, gangguan psikomotor, takikardi (denyut jantung berirama lebih cepat dari biasanya), aritmia, dan mulut kering.

Meski dijual secara bebas, namun obat flu Flutop C tidak dapat diberikan kepada anak di bawah 1 tahun. Bukan hal yang aneh jika terkadang anak usia di bawah satu tahun juga kerap mengalami gejala flu, namun untuk penangannya tidak memerlukan obat-obatan karena dengan memberikan asupan Air Susu Ibu atau ASI dianggap sebagai metode penanganan sakit flu yang lebih baik.

loading...

Leave a reply "Ditawarkan Dengan Harga Terjangkau, Dapatkah Flutop C Dikonsumsi Anak di Bawah 1 Tahun?"