Info Terbaru Harga Tiket Kereta Api Kelas Ekonomi (Berbagai Rute)

merupakan salah satu moda Indonesia untuk bepergian. Pasalnya, selain memiliki harga yang lebih murah ketimbang transportasi lainnya, perjalanan dengan api juga relatif lebih nyaman, aman, dan terhindar dari macet.

kereta api ekonomi - news.jalanjalanyuk.com

kereta api ekonomi - news.jalanjalanyuk.com

Di Indonesia sendiri, kereta api dapat dibagi menjadi tiga kelas, yaitu kereta eksekutif, kereta , dan kereta ekonomi. Secara umum, ketiga jenis kereta api itu telah dilengkapi dengan pendingin ruangan atau AC untuk menjamin kenyamanan penumpang. Selain itu, di seluruh jenis kereta api juga ada larangan merokok di dalam gerbong dan larangan masuknya pedagang asongan ke dalam gerbong.

Dari ketiga jenis kereta api tersebut, kereta ekonomi masih menjadi favorit sebagian besar masyarakat Indonesia. Pasalnya, kereta ekonomi memiliki harga tiket yang lebih rendah dibandingkan dua tipe lainnya, namun telah dilengkapi dengan yang cukup memadai, salah satunya pendingin ruangan atau AC.

Baca juga  Info Sistem Pembayaran & Tarif Terbaru Commuter Line (KRL)

Kereta ekonomi yang ada di Indonesia sendiri dibagi menjadi dua, yaitu kereta kelas ekonomi AC PSO dan ekonomi AC plus Non-PSO. Kereta ekonomi plus non-PSO diproduksi oleh PT INKA dan berwarna biru muda bermotif gelombang warna biru tua dengan logo Kemenhub (Kementerian Perhubungan).

Sementara, kereta PSO (public service obligation) adalah kebijakan pemerintah dalam hal subsidi moda transportasi bagi masyarakat. Kereta ekonomi PSO ini memiliki ciri-ciri berupa stripping (livery) jingga oranye-biru bergaris kuning-oranye, dengan logo Kemenhub di dekat pintu kiri dan logo PT KAI di dekat pintu kanan.

Kereta ekonomi PSO pada umumnya ditarik lokomotif besar seperti CC201, CC203, atau CC204. Terkadang, CC206 juga dioperasikan untuk menggantikan ketiga jenis lokomotif tersebut. Sementara, kereta ekonomi AC plus non-PSO hampir selalu ditarik lokomotif CC206.

Seperti diutarakan sebelumnya, kereta api ekonomi menjadi favorit masyarakat karena menawarkan harga tiket yang relatif terjangkau. Berikut informasi terbaru harga tiket kereta api kelas ekonomi untuk berbagai rute di Indonesia.

Baca juga  Info Terbaru Aturan & Biaya Kelebihan Bagasi (Over Weight) Pesawat Lion Air
Kereta Api Ekonomi Rute Harga Tiket (Rp)
Kertajaya Jakarta - Semarang - Surabaya 165.000
Tawang Jaya Jakarta - Tegal - Semarang 100.000
Progo Jakarta - Yogyakarta 125.000
Kutojaya Utara Jakarta - Kutoarjo 110.000
Gaya Baru Malam Selatan Jakarta - Yogyakarta - Surabaya 104.000
Logawa Purwokerto - Jember 74.000
Sritanjung Yogyakarta - Banyuwangi 94.000
Pasundan Bandung - Surabaya 94.000
Matarmaja Jakarta - Malang 109.000
Tawang Alun Malang - Banyuwangi 62.000
Bengawan Jakarta - Yogyakarta - Solo 74.000
Kahuripan Bandung - Kediri 84.000
Brantas Jakarta - Semarang - Kediri 84.000
Tegal Ekspres Jakarta - Tegal 49.000
Maharani Surabaya - Bojonegoro - Semarang 49.000
Kutojaya Selatan Bandung - Kutoarjo 62.000
Serayu Jakarta - Bandung - Purwokerto 67.000
Rajabasa Kertapati - Tanjung - Karang 32.000
Buser/Bukit Serelo Kertapati - Lubuklinggau 32.000
Putri Deli Tanjung Balai - Medan 27.000
Siantar Ekspres Medan - Siantar 22.000
Probowangi Surabaya - Banyuwangi 56.000
Probowangi Surabaya - Probolinggo 29.000
Probowangi Banyuwangi - Probolinggo 27.000
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.
  1. author

    katon sadewo2 tahun ago

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai ekonomi. Ekonomi merupakan suatu ilmu yang sangat penting untuk dipelajari untuk kebutuhan kehidupan sehari-hari.

    Reply

Leave a reply "Info Terbaru Harga Tiket Kereta Api Kelas Ekonomi (Berbagai Rute)"