Cara Top Up ShopeePay di Indomaret, Alfamart dan ATM

Shopee merupakan aplikasi mobile social commerce berbasis marketplace dengan model C2C (consumer to consumer).[1] Untuk mempermudah penggunanya, Shopee memberikan layanan dompet dan uang bernama ShopeePay. Supaya e-money ini bisa dipakai, Anda harus mengisi atau top up saldo secara atau konvensional di ATM, Indomaret, atau , dengan cara yang cukup mudah.

Ilustrasi: aplikasi ShopeePay

Ilustrasi: aplikasi ShopeePay

Sebelum mengetahui cara manual top up saldo ShopeePay, Anda perlu mengetahui fitur ini. ShopeePay merupakan fasilitas yang diberikan kepada pengguna Shopee untuk membayar pembelian barang sekaligus menarik dana. Bisa dibilang, dompet e-money ini mampu menampung sejumlah uang elektronik yang bisa Anda cairkan kapan pun.

Cara top up ShopeePay ada banyak. Secara digital, Anda bisa melakukan pengisian saldo dengan e-banking. Anda hanya perlu membuka aplikasi mobile banking atau banking dan memilih fitur pembelian. Setelah itu, pilih instansi yang terkait (ShopeePay) dan isikan jumlah saldo yang Anda ingin transfer. Pada bagian atas formulir, isikan juga nomor dan ID Shopee Anda. Setelah itu, uang dari Anda akan tertransfer secara otomatis ke akun ShopeePay Anda. Selain menggunakan cara ini, Anda juga bisa memakai cara-cara berikut.

Cara Top Up ShopeePay di ATM

  • Untuk menambah saldo ShopeePay lewat ATM, pastikan Anda memakai kartu rekening dari BCA, BRI, BNI, dan Bank Mandiri. Setelah itu, buka akun Shopee milik Anda dan pilih logo ORANG di area sudut kanan bawah.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul menu baru. Pilih menu ShopeePay di bagian bawah fitur Pembelian Produk Pulsa & Tagihan dengan logo dompet.
  • Akan muncul menu baru lagi dan pilih Top Up. Di samping menu ini, Anda akan melihat pilihan PENARIKAN yang bisa Anda manfaatkan untuk menarik saldo ShopeePay jika diperlukan.
  • Bagi Anda yang memilih menu PENARIKAN, Anda harus mengisi form jumlah nominal yang dicairkan dan nomor rekening Anda. Dalam waktu kurang dari 2 x 24 jam, uang di dompet Shopee akan secara otomatis tertransfer ke rekening Anda.
  • Jika Anda memilih menu Top Up, maka akan muncul pilihan jumlah nominal saldo yang ingin Anda isi ke ShopeePay. Jumlah nominal tersebut mulai Rp20.000 hingga Rp300.000. Selain itu, Anda bisa mengisi sendiri jumlah uang yang ingin Anda transfer ke ShopeePay di bagian atas kolom nominal.
  • Langkah berikutnya adalah memilih metode . Pilihlah bank yang sesuai dengan rekening yang Anda pakai. Di bagian bawah form akan muncul BAYAR SEKARANG. Anda bisa menekan tombol ini dan mendapat nomor VA (Virtual Account) yang bisa disalin.
  • Pergilah ke ATM terdekat untuk melakukan transfer. Caranya, masukkan kartu Anda ke dalam mesin ATM dan masukkan PIN. Pilih menu BRIVA > ShoopeePay dan isi nomor VA ShopeePay. Isi pembayaran yang Anda inginkan ditambah biaya administrasi dan tunggu hingga terproses. Secara otomatis dalam waktu kurang dari 2 x 24 jam, ShoopePay Anda akan terisi sejumlah uang yang ditransfer.
  • Untuk mengetahui apakah saldo Anda sudah tertransfer, buka akun Shopee dan lihat saldo Anda.
Ilustrasi: aplikasi ShopeePay

Ilustrasi: aplikasi ShopeePay

Cara Top Up ShopeePay di Alfamart dan Indomaret

  • Pastikan ShopeePay Anda sudah terhubung dengan rekening Anda untuk mempermudah pengecekan. Setelah itu, masuk ke HALAMAN UTAMA dan pilih menu berlogo ORANG (SAYA) di bagian pojok kiri paling bawah.
  • Pilih menu ShopeePay di bagian bawah fitur Pulsa, Tagihan & Hiburan. Biarkan selama beberapa saat hingga muncul nominal saldo di bagian atas dan berbagai fitur lainnya. Klik menu Isi Saldo dengan gambar dompet di bagian tengah halaman atau di samping fitur bayar.
  • Anda akan melihat tiga menu utama untuk melakukan Top Up, yakni Bank Transfer, Alfamart/Alfamidi, dan Indomaret/i.Saku. Pilih menu Alfamart/Alfamidi untuk mengisi ShopeePay lewat Alfamart dan pilih menu Indomaret/i.Saku untuk mengisi saldo lewat Indomaret.
  • Untuk mengisi saldo lewat Alfamart, setelah mengonfirmasi lewat akun Shopee, Anda bisa langsung mendatangi Alfamart terdekat. Di minimarket tersebut, Anda hanya perlu ke kasir untuk membeli saldo yang akan diisikan ke dompet Shopee Anda.
  • Sementara itu, jika Anda memilih menu Indomaret/i.Saku untuk mengisi saldo, Anda harus memilih jumlah nominal saldo yang ingin diisi. Pilihan nominal yang bisa Anda isikan di ShopePay, yakni mulai Rp20.000 hingga Rp500.000. Anda juga bisa mengisi nominal lain di bagian bawah kolom pilihan saldo.
  • Pilih menu BAYAR SEKARANG > Dapatkan Kode Pembayaran > OK. Setelah itu, Anda hanya perlu pergi ke Indomaret terdekat dan memberikan kode tersebut ke kasir. Serahkan uang tunai kepada kasir dan tunggu beberapa saat untuk memasukkan uang tunai ke ShopeePay.
Baca juga  Harga Pulpen Joyko 1 Pack dan Eceran (Semua Varian)

Untuk mengecek apakah saldo sudah masuk atau belum ke ShopeePay, Anda hanya perlu membuka akun Anda dan melihat fitur dompet Shopee. Proses Top Up akan berlangsung kurang dari 2 x 24 jam.

[1] Daryanti, Putri & Muchsin Saggaff Shihab. 2019. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan dengan Menggunakan Konsep E-Servqual (Studi Kasus Pelanggan Shopee). Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI) Universitas Bakrie Jakarta, Vol. 2(3): 120-127.

author

Leave a reply "Cara Top Up ShopeePay di Indomaret, Alfamart dan ATM"