Cara Pemakaian & Harga Terbaru Retin A Obat Totol Jerawat

Malam hari sebelum Anda tidur, sambil mengoleskan skincare, keadaan masih alias tidak ada jerawat. Namun, mungkin saja, keesokan harinya, Anda mendapati ada jerawat yang muncul. Hal itu bisa jadi menyebalkan. Tak heran, kehadiran jerawat yang kerap tiba-tiba ini membuat Anda mencari banyak cara membasminya. Salah satu obat totol jerawat yang dapat dijadikan pilihan yakni Retin A. Obat ini dijual dengan harga relatif terjangkau di pasaran.

Kemasan Retin A Cream (sumber: Pinterest)

Kemasan Retin A Cream (sumber: Pinterest)

Selain jerawat, komedo juga menjadi masalah pada wajah yang sering mengganggu penampilan. Penyebabnya bermacam-macam, bisa karena stres dan faktor hormonal. Faktor hormon merupakan salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi minyak kulit secara berlebihan.

Selain itu, jerawat bisa terjadi karena kelenjar minyak yang terlalu aktif, atau keturunan dari orang tua, serta adanya bakteri di pori-pori kulit. Hal itu akan diperparah apabila Anda kurang bisa menjaga kebersihan kulit wajah. Saat ini, banyak beredar obat khusus jerawat yang dapat mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Sebelum membahas lebih detail mengenai obat jerawat, Anda dapat mengatasi permasalahan kulit tersebut dengan beberapa cara sebagai berikut.

Cara Mengatasi Jerawat & Komedo

  • Membersihkan wajah secara teratur 2 kali sehari dengan air hangat kuku dan sabun pembersih wajah yang tepat.
  • Gunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulit (berminyak, normal atau kering) sehingga sisa kotoran dan minyak dapat terangkat secara efektif.
  • Bila timbul jerawat dapat menggunakan obat jerawat yang dijual bebas, misalnya obat jerawat yang mengandung sulfur, asam salisilat ataupun benzoil peroksida.
  • Hindari memencet atau memecahkan jerawat dan komedo yang timbul
  • Gunakan pelembab yang berbahan dasar air (water based) sehingga tidak menambah minyak di wajah.
  • Pilih jenis kosmetik yang mengandung formula oil free (bebas minyak) dan non-comedogenic (tidak menimbulkan komedo).
  • Perbanyak konsumsi sayur, buah, dan air putih.
  • Batasi konsumsi makanan yang berlemak, mengandung susu atau karbohidrat tinggi.
  • Hindari merokok.
  • Meminimalisir stres dan beristirahat cukup untuk menjaga kesehatan kulit.

Apabila semua langkah di atas telah ditempuh, tetapi jerawat tak kunjung sembuh, ada baiknya Anda mengoleskan obat jerawat. Obat yang dapat digunakan biasanya adalah retinoic acid/asam retinoat, benzoil peroksida, dan antibiotik topikal/oles. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum tergantung derajat keparahan jerawat. 

Berbicara mengenai obat, ada obat yang bisa Anda beli di apotik, namanya Retin A. Wadahnya berbentuk salep berwarna campuran biru dan putih. Pada kemasan depannya akan tertulis Retin A Krem Tretinoin. Retin A mengandung zat aktif tretinoin yaitu obat dengan fungsi untuk mengatasi jerawat. Obat ini dapat mengurangi jumlah dan rasa sakit jerawat serta mendorong pemulihan cepat pada jerawat yang berkembang. 

Produk Retin A hanya dapat digunakan untuk mengatasi jerawat, tetapi tidak dapat menghilangkan bekas jerawat. Untuk keluhan bekas jerawat, dapat menggunakan produk yang ditujukan khusus untuk masalah tersebut. Begitu pula dengan kulit yang berlubang akibat jerawat, tidak bisa diobati dengan Retin A. Jika Anda penasaran, berikut cara pemakaian Retin A untuk perawatan jerawat.

Cara Pemakaian Retin A

Ilustrasi: memakai obat totol jerawat (sumber: mdacne.com)

Ilustrasi: memakai obat totol jerawat (sumber: mdacne.com)

  • Penggunaan produk ini seperti salep jerawat pada umumnya yaitu dioleskan sekali sehari sebelum tidur, pada daerah yang berjerawat. Sebaiknya oleskan secara tipis-tipis saja pada jerawat. Untuk menjaga di dalam produk tidak rusak atau berubah, sebaiknya simpan di tempat sejuk dan kering, terhindar dari sinar matahari langsung.
  • Sebaiknya kurangi paparan sinar UV pada produk, hindari kontak dengan mata, mulut, sudut hidung, membran mukosa. Disarankan tidak menggunakan obat pada eksema, luka terbakar sinar matahari, dan wanita hamil serta menyusui.
  • Apabila Anda menggunakan Retin A, bisa saja ada efek samping yang ditimbulkan, antara lain eritema, edema, kulit mengelupas, , hipo atau hiperpigmentasi, fotosensitivitas. Jika efek samping itu semakin parah, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

Retin A 0.05% cream, biasanya diresepkan oleh dokter untuk mengurangi jerawat dan komedo. Permukaan kulit berlubang itu disebabkan karena bekas jerawat maupun karena sebab lain, dapat diatasi dengan tindakan tertentu di klinik dokter kulit khusus kecantikan sesuai dengan yang Anda butuhkan. Selain menggunakan Retin A, tentu masih banyak tindakan yang bisa Anda lakukan untuk menangani jerawat dan komedo. 

Bagi Anda yang memiliki bekas jerawat, cara penanganannya berbeda dari masalah jerawat atau komedo. Untuk mengatasi bekas jerawat, cara yang dipilih tergantung dari luas serta kedalaman bekas jerawat. Pada keadaan ringan, bekas jerawat dapat memudar hanya dengan pemberian hidrokuinon 2% (termasuk dalam dosis aman). Krim ini hanya dioleskan tepat pada daerah bekas jerawat. Selain itu, bekas jerawat juga dapat disamarkan dengan cara pemberian krim malam yang umumnya mengandung asam retinoat yang diresepkan oleh kulit dan kelamin. Cara lain dengan prosedur chemical peeling.

Harga & Cara Pemakaian Retin A

Retin A kemasan tube 20 gr bisa Anda beli di apotik, salah satunya di K24. Pada 2020, penjualan obat Retin A mengalami kenaikan dari tahun 2019. Semula, Retin A dibanderol dari harga Rp111.357 per tube menjadi Rp113.124 per tube. Sementara itu, pada 2021 Retin A terpantau mengalami kenaikan harga dari Rp113.124 per tube menjadi Rp150.623.

Informasi harga obat jerawat Retin A di atas, kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2021. Harga tersebut bisa saja berbeda dengan apotek atau tempat lainnya. Anda juga dapat membeli produk secara online dengan kisaran harga mulai Rp200 ribuan.

Perlu diketahui, bahwa Retin-A merupakan salep yang digunakan untuk mengatasi masalah jerawat serta mengurangi peradangan pada kulit yang berjerawat. Produk ini untuk mengatasi masalah pada wajah seperti jerawat, mengurangi komedo, papula/papel (bintil, tonjolan kulit yang kecil, berbatas jelas, dan padat) & pustula (gelembung di kulit yang berisi nanah dengan potongan melintang kurang dari 1 cm).

[Update: Ditta]

Baca juga  Update Harga Bioplacenton, Salep untuk Luka
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Cara Pemakaian & Harga Terbaru Retin A Obat Totol Jerawat"