Tarif Murah, Ini Cara Mengirim dan Mengambil Paket di Stasiun

Tidak hanya melayani perjalanan penumpang, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) sekarang juga sudah membuka pengiriman atau paket station to station. Selain punya tarif yang dikatakan sangat terjangkau, cara mengirim paket di stasiun ini juga sangat mudah, begitu pula ketika penerima hendak mengambil yang telah dikirimkan.

Ilustrasi: kiriman paket via kereta api (sumber: kompas)

Ilustrasi: kiriman paket via kereta api (sumber: kompas)

Dinamakan Rail Express, layanan ini mulai dioperasikan oleh PT KAI pada Maret 2020 lalu. Menurut keterangan perusahaan, Rail Express ini menggunakan kereta bagasi yang dijalankan khusus sebagai KA Parcel One Night Service atau ONS maupun dirangkaikan dengan KA Barang Hantaran Potongan (BHOP), yang mencakup stasiun-stasiun yang berada di Pulau Jawa, dari DAOP 1 Jakarta sampai DAOP 9 Jember.

Setidaknya, ada 12 kereta yang melayani pengiriman paket lewat layanan Rail Express ini. Kereta-kereta tersebut antara lain KA Parcel Utara (Jakarta Gudang-Surabaya Pasarturi PP), KA Parcel Tengah (Jakarta Gudang-Surabaya Kota PP), KA Parcel Selatan (Bandung-Surabaya Kota PP), KA Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasarturi PP), KA Bangunkarta (Gambir-Surabaya Gubeng PP), KA Gajayana (Gambir-Malang PP), KA Matarmaja (Pasarsenen-Malang PP), KA Malabar (Pasarsenen-Malang PP), KA Majapahit (Pasarsenen-Malang PP), KA Harina (Bandung-Cikampek-Surabaya Pasarturi PP), KA Mutiara Timur (Ketapang-Surabaya Pasarturi PP), dan KA Tawangalun (Ketapang-Bangil-Malang PP).

Baca juga  Update Tarif TIKI ke Malaysia dari Berbagai Kota di Indonesia

Syarat Mengirim Paket di Stasiun

  • Pengirim harus menyatakan isi kiriman dengan sebenarnya.
  • PT KAI berhak melakukan pemeriksaan (uji petik) terhadap kiriman yang dicurigai tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku di PTKAI (Persero) secara khusus dan/atau yang berlaku di Indonesia secara umum.
  • Barang/dokumen yang dilarang untuk dikirim adalah surat/dokumen berharga bernilai uang, uang tunai (rupiah/mata uang asing), surat berharga, perhiasan dan sejenisnya, barang berbahaya dan mudah meledak, barang beracun, barang yang dapat menimbulkan percikan api dan dapat merusak barang lainnya, barang yang mengandung psikotropika dan narkotika, barang/dokumen yang dilarang menurut ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku, barang/dokumen cetakan,foto atau barang lainnya yang dapat melanggar aturan kesusilaan/pornografi.
  • PT KAI dapat menentukan sarana angkutan tercepat untuk mengirim barang/dokumen ke tempat tujuan yang tidak selalu sama dengan informasi sebelumnya, terutama dalam keadaan terpaksa atau terdapat gangguan yang dapat mengganggu pengiriman ketempat tujuan.
  • Untuk barang/dokumen berharga/ berisiko tinggi/mudah pecah/rusak, agar diasuransikan oleh pengirim sesuai nilai sebenarnya.
  • PT KAI tidak menangani pengepakan/packaging, sehingga setiap pengirim bertanggung jawab atas pengepakan/packaging setiap barang yang akan dikirimkan sesuai dengan standar packaging yang berlaku.

Cara Mengirim Paket di Stasiun

  • atau pengirim menyerahkan barang (yang sudah di-packing sesuai standar yang berlaku) ke loket Rail Express di stasiun dengan melampirkan data pengirim dan penerima kepada petugas.
  • Penimbangan barang dan penempelan sticker pada barang.
  • Pembayaran oleh pelanggan di loket stasiun Rail Express sesuai dengan angkutan yang sudah ditetapkan.
  • Pemuatan barang ke dalam kereta bagasi.
  • Proses pengiriman barang.
Ilustrasi: kiriman paket via kereta api (sumber: tribunnews)

Ilustrasi: kiriman paket via kereta api (sumber: tribunnews)

Cara Mengambil Paket di Stasiun

  • Penerima harus menunggu pembongkaran barang terlebih dahulu, jika paket masih berada di dalam kereta bagasi.
  • Penerima dapat mengambil paket atau barang dengan menunjukkan bukti transaksi barang dan kartu identitas asli di loket pengambilan barang Rail Express di stasiun tujuan.
Baca juga  Update Ongkos Kirim (Ongkir) JNE dari Jakarta ke Surabaya (OKE, Reguler, YES)

Apabila Anda kebetulan tidak memiliki kendaraan pribadi atau tidak sempat datang ke stasiun sendiri tidak perlu khawatir.Pasalnya, sekarang ada sejumlah ojek yang menawarkan pengiriman dan pengambilan paket di stasiun. Grab misalnya, sudah bekerja sama dengan Rail Express milik PT KAI dan memberikan jaminan barang akan sampai tujuan maksimal dua hari setelah pengiriman.

Cara Mengirim Paket ke Stasiun via Grab Express

  • Pilih layanan pengantaran pada menu utama aplikasi Grab.
  • Cari ‘Grab Rail Express’ pada pengantaran dan pilih ‘Stasiun Keberangkatan’.
  • Pilih Grab Rail Express sebagai layanan pengantaran.
  • Masukan ‘Stasiun Kedatangan Rail Express’ pada menu pilihan.
  • Konfirmasi pengiriman dan pesan Grab Express.

Syarat dan ketentuan jasa pengiriman ini yaitu barang harus dikemas dengan baik dan benar sesuai dengan jenis barang yang dikirim. Barang diberikan tanda atau petunjuk informasi barang, seperti nama, alamat, nomor telepon pengirim dan penerima, serta perlakuan terhadap barang. Paket memiliki berat tidak boleh lebih dari 5 kg dengan volume maksimal 35 x 30 x 30 cm. Pengiriman barang bisa dilakukan paling lambat 2 jam sebelum kereta api berangkat, sedangkan layanan pengambilan paket di stasiun tujuan paling lambat 12 jam setelah kereta api tiba.

Baca juga  Update Tarif/Rate DHL Express ke Luar Negeri Tahun 2021

Tarif murah menjadi salah satu keunggulan Rail Express, misalnya untuk rute Jakarta ke Bandung, hanya dikenai biaya Rp600 per kg, Jakarta ke Surabaya hanya Rp1.500 per kg, dan Jakarta ke Malang cuma Rp1.700 per kg. Tarif yang dikenakan adalah minimal 5 kg, kecuali untuk angkutan dihitung berdasarkan kapasitas mesin.

Tarif Rail Express

Tarif Rail Express di atas kami kutip langsung dari akun Twitter PT KAI yang sudah terverifikasi. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, bisa langsung menuju stasiun kereta api terdekat di daerah Anda. Selain itu, Anda pun bisa menghubungi perusahaan lewat nomor telepon 121/021 121, email di alamat [email protected], atau lewat media sosial mereka, baik Facebook, Twitter, maupun Instagram.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Tarif Murah, Ini Cara Mengirim dan Mengambil Paket di Stasiun"