Cara Mengambil Paket dan Update Tarif Rail Express

Tidak hanya melayani perjalanan penumpang, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) sekarang juga sudah membuka layanan Rail Express dengan sistem pengiriman barang atau paket station to station. Selain punya tarif yang dikatakan sangat terjangkau, cara mengirim paket di stasiun ini juga sangat mudah, begitu pula ketika penerima hendak mengambil barang yang telah dikirimkan.

Ilustrasi: kiriman paket via kereta api (sumber: kompas)
Ilustrasi: kiriman paket via kereta api (sumber: kompas)

Dinamakan Rail Express, layanan ini mulai dioperasikan oleh PT KAI pada Maret 2020 lalu. Menurut keterangan perusahaan, Rail Express ini menggunakan kereta bagasi yang dijalankan khusus sebagai KA Parcel One Night Service atau ONS maupun dirangkaikan dengan KA Barang Hantaran Potongan (BHOP), yang mencakup stasiun-stasiun yang berada di Pulau Jawa, dari DAOP 1 Jakarta sampai DAOP 9 .

Bacaan Lainnya

Setidaknya, ada 12 kereta yang melayani pengiriman paket lewat layanan Rail Express ini. Kereta-kereta tersebut antara lain KA Parcel Utara (Jakarta Gudang- Pasarturi PP), KA Parcel Tengah (Jakarta Gudang-Surabaya Kota PP), KA Parcel Selatan (Bandung-Surabaya Kota PP), KA Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasarturi PP), KA Bangunkarta (Gambir-Surabaya Gubeng PP), KA Gajayana (Gambir-Malang PP), KA Matarmaja (Pasarsenen-Malang PP), KA Malabar (Pasarsenen-Malang PP), KA Majapahit (Pasarsenen-Malang PP), KA Harina (Bandung-Cikampek-Surabaya Pasarturi PP), KA Mutiara Timur (Ketapang-Surabaya Pasarturi PP), dan KA Tawangalun (Ketapang-Bangil-Malang PP).

Syarat Mengirim Paket di Stasiun

  • Pengirim harus menyatakan isi kiriman dengan sebenarnya.
  • PT KAI berhak melakukan pemeriksaan (uji petik) terhadap kiriman yang dicurigai tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku di PT KAI (Persero) secara khusus dan/atau yang berlaku di Indonesia secara umum.
  • Barang/dokumen yang dilarang untuk dikirim adalah surat/dokumen berharga bernilai uang, uang tunai (rupiah/mata uang asing), surat berharga, perhiasan dan sejenisnya, barang berbahaya dan mudah meledak, barang beracun, barang yang dapat menimbulkan percikan api dan dapat merusak barang lainnya, barang yang mengandung psikotropika dan narkotika, barang/dokumen yang dilarang menurut ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku, barang/dokumen cetakan,foto atau barang lainnya yang dapat melanggar aturan kesusilaan/pornografi.
  • PT KAI dapat menentukan sarana angkutan tercepat untuk mengirim barang/dokumen ke tempat tujuan yang tidak selalu sama dengan informasi sebelumnya, terutama dalam keadaan terpaksa atau terdapat gangguan transportasi yang dapat mengganggu pengiriman ke tempat tujuan.
  • Untuk barang/dokumen berharga/ berisiko tinggi/mudah pecah/rusak, agar diasuransikan oleh pengirim sesuai nilai sebenarnya.
  • PT KAI tidak menangani pengepakan/packaging, sehingga setiap pengirim bertanggung jawab atas pengepakan/packaging setiap barang yang akan dikirimkan sesuai dengan standar packaging yang berlaku.
  • Layanan Rail Express dari PT KAI (sumber: fajarcirebon.com)
    Layanan Rail Express dari PT KAI (sumber: fajarcirebon.com)

Cara Mengirim Paket di Stasiun

  • Pelanggan atau pengirim menyerahkan barang (yang sudah di-packing sesuai standar yang berlaku) ke loket Rail Express di stasiun dengan melampirkan data pengirim dan penerima kepada petugas.
  • Penimbangan barang dan penempelan stiker pada barang.
  • Pembayaran oleh pelanggan di loket stasiun Rail Express sesuai dengan biaya angkutan yang sudah ditetapkan.
  • Pemuatan barang ke dalam kereta bagasi.
  • Proses pengiriman barang.

Cara Mengambil Paket di Stasiun

  • Penerima harus menunggu pembongkaran barang terlebih dahulu, jika paket masih berada di dalam kereta bagasi.
  • Penerima dapat mengambil paket atau barang dengan menunjukkan bukti transaksi barang dan kartu identitas asli di loket pengambilan barang Rail Express di stasiun tujuan.

Apabila Anda kebetulan tidak memiliki kendaraan pribadi atau tidak sempat datang ke stasiun sendiri, tidak perlu khawatir. Pasalnya, sekarang ada sejumlah ojek yang menawarkan pengiriman dan pengambilan paket di stasiun. Grab misalnya, sudah bekerja sama dengan Rail Express milik PT KAI dan memberikan jaminan barang akan sampai tujuan maksimal dua hari setelah pengiriman.

Rail Express (sumber: kai.id)
Rail Express (sumber: kai.id)

Cara Mengirim Paket ke Stasiun via Grab Express

  • Pilih layanan pengantaran pada menu utama aplikasi Grab.
  • Cari ‘Grab Rail Express’ pada lokasi pengantaran dan pilih ‘Stasiun Keberangkatan’.
  • Pilih Grab Rail Express sebagai layanan pengantaran.
  • Masukan ‘Stasiun Kedatangan Rail Express’ pada menu pilihan.
  • Konfirmasi pengiriman dan pesan Grab Express.

Syarat dan ketentuan jasa pengiriman ini yaitu barang harus dikemas dengan baik dan benar sesuai dengan jenis barang yang dikirim. Barang diberikan tanda atau petunjuk informasi barang, seperti nama, alamat, nomor telepon pengirim dan penerima, serta perlakuan terhadap barang. Paket memiliki berat tidak boleh lebih dari 5 kg dengan volume maksimal 35 x 30 x 30 cm. Pengiriman barang bisa dilakukan paling lambat 2 jam sebelum kereta api berangkat, sedangkan layanan pengambilan paket di stasiun tujuan paling lambat 12 jam setelah kereta api tiba.

Mengenai tarif Rail Express, pada tahun 2021, biaya pengiriman barang dari Jakarta ke Bandung berkisar Rp500 per kg, sedangkan biaya pengiriman barang dari Bandung ke Rp200 per kg. Kemudian pada 2022 lalu, tarif pengiriman barang Rail Express dari Jakarta ke Bandung sedikit naik menjadi Rp600 per kg dan biaya pengiriman barang dari Bandung ke Cirebon menjadi Rp600 per kg.

Tarif Rail Express

Tarif Rail Express di atas kami kutip langsung dari akun Twitter PT KAI yang sudah terverifikasi. Namun sayangnya, layanan tersebut, seperti dikutip dari berbagai sumber, kini sudah tidak tersedia. Pasalnya, layanan kurir dan logistik KAI telah digantikan dengan KAI Logistik Express.

Melalui KAI Logistik Express, layanan pengiriman barang lebih diperluas hingga menjangkau 107 gerai dan terus bertambah untuk pengiriman di Jawa, Sumatera, Bali, dan akan diperluas ke Kalimantan serta Sulawesi. Selain itu, ada kemudahan layanan seperti cek tarif serta pelacakan barang kiriman secara mandiri lewat portal KAI Logistik.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, bisa langsung menuju stasiun kereta api terdekat di daerah Anda. Selain itu, Anda pun bisa menghubungi perusahaan lewat nomor telepon 121/021 121, email di alamat [email protected], atau lewat media sosial mereka, baik Facebook, Twitter, maupun Instagram.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *