Info Terbaru Biaya Tes TOEFL di Lembaga Resmi yang Diakui Internasional

atau Test of English as a Foreign Language adalah tes yang berfungsi untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris (aksen Amerika Serikat) yang biasanya digunakan untuk masuk ke yang ada di Amerika Serikat atau -negara lainnya. Tes ini sangat dibutuhkan bagi Anda yang bahasa aslinya tidak menggunakan . Selain untuk keperluan , tes TOEFL dewasa ini juga banyak dipakai sebagai bagian dari proses rekrutmen atau kenaikan pangkat.

Tes TOEFL - www.esq-english.com

Tes TOEFL - www.esq-english.com

Penyelenggaraan tes TOEFL biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam dan terdiri dari 4 bagian, yaitu listening comprehension, grammar structure and written expression, reading comprehension, dan writing. Ada 2 tes TOEFL yang mungkin juga sudah Anda kenal, yakni Computer Based Testing (CBT) dan Paper Based Testing (PBT).

Sesuai namanya, TOEFL dengan metode Computer Based Testing memakai media komputer dalam penyelenggaraan tesnya dan skor penilaian CBT berkisar antara 216-677. Sedangkan Paper Based Testing memakai media kertas saat ujian dan skornya berada pada rentang 450-550 ke atas.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Tes IELTS di Indonesia

Namun seiring dengan perkembangan zaman, sudah banyak yang mengadakan tes TOEFL dengan media Computer Based Testing dan sejak tahun 2005 banyak yang memakai iBT atau Internet Based Testing. Meski demikian, beberapa tempat yang masih belum memiliki jaringan internet atau komputer yang memadai tetap memakai Paper Based Testing.

Untuk mengikuti tes TOEFL di Indonesia pun tidak sulit. Anda bisa mencari lembaga-lembaga terpercaya yang bersedia mengeluarkan sertifikat TOEFL setelah Anda mengikuti tes. Agar lebih terjamin, Anda bisa mendaftarkan diri untuk ikut tes TOEFL di sejumlah lembaga bahasa yang telah bekerjasama dengan ETS (Education Testing System) selaku penyelenggara resmi TOEFL di dunia atau lewat sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

Berikut ini rincian tes TOEFL di ITC (International Test Center) yang merupakan lembaga yang ditunjuk ETS langsung untuk mengadakan tes TOEFL di Indonesia.

Baca juga  Biaya Kuliah Terbaru di Bina Sarana Informatika (BSI) Tahun Ajaran 2017/2018
Jenis Tes TOEFL Biaya
TOEFL iBT voucher *USD 180 (Rp 2.363.040)
TOEFL Junior Standard Test Rp 454.545

*Harga mengikuti nilai tukar dolar AS yang berlaku

Tes TOEFL di ITC membutuhkan biaya sekitar USD 180. Biaya tersebut akan berubah mengikuti kurs dolar yang berlaku pada saat Anda tes. Jika berdasarkan kurs hari ini, USD 180 setara dengan Rp 2.363.040. Sedangkan tes TOEFL untuk anak-anak (Junior Standard Test) tarifnya Rp 454.545.

Selain di ITC, Anda juga bisa mengikuti tes TOEFL Institutional Testing (ITP) yang biasanya diselenggarakan universitas-universitas terkemuka. Namun tes TOEFL ITP ini hanya salah satu jenis tes yang dikeluarkan oleh ETS khusus untuk wilayah Asia. Di samping itu skor TOEFL ITP sifatnya institusional, sehingga hanya dapat dipakai untuk institusi dan wilayah tertentu, bukan untuk seluruh negara. Biaya tes TOEFL ITP pun lebih murah berkisar dari Rp 450.000 sekali tes.

Baca juga  Info Lengkap & Terbaru Seputar Biaya Kursus Bahasa Jepang di Jakarta
Loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru Biaya Tes TOEFL di Lembaga Resmi yang Diakui Internasional"