Biaya Sertifikasi Kayu Bebani Pengusaha

No comment 1014 views

– Keberadaan sistem verifikasi legalitas kayu (SVLK) dinilai masih memberatkan bagi perajin untuk meningkatkan ekspor. Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan (Asmindo) DIJ berharap kepada pemerintah untuk meninjau kembali keberadaan SVLK.

Ketua Asmindo DIJ Yuli Sugianto menjelaskan meski penerapan syarat SVLK masih ditangguhkan keberadaannya hingga 2015 mendatang, hanya keberadaannya dapat menghambat peningkatan nilai ekspor. Keberadaan SVLK hanya akan mempersulit pengusaha dan perajin, terutama bagi mereka sektor usaha kecil dan menengah.

"Dari tiga ribu perusahaan yang tergabung dalam Asmindo DIJ baru 10 persen yang mengantongi izin dan memiliki SVLK. Melihat kondisi ini, seharusnya pemerintah bisa melihat kembali keberadaan kebijakan tersebut, sebab untuk saat ini kondisi tersebut belum tepat untuk diterapkan," jelas Yuli kepada wartawan.

Menurut Yuli besarnya sangat membebani perajin kayu dalam skala UKM. Bagaimana tidak, sambungnya, biaya untuk sertifikasi saja sekitar Rp 30 juta dan memerlukan setiap tahun. "Bagi yang tidak lolos bisa dicabut sertifikasinya oleh badan yang bertanggung jawab," terangnya.

Baca juga  Update Rincian Biaya SLO (Sertifikasi Laik Operasi) Instalasi Listrik Baru

Yuli menerangkan nilai ekspor permebelan memiliki potensi yang sangat besar. Tahun lalu saja ekspor permebelan dan kerajinan secara nasional sebesar USD 2,8 miliar. Tahun ini ditargetkan sebesar USD 3 miliar. "Dari jumlah tersebut nilai ekspor permebelan dan kerajinan dari DIJ hanya berkisar antara lima sampai sepuluh persen," terangnya.

Terpisah, Kepala Seksi Industri Hasil Hutan dan Perkebunan Bidang Industri Agro dan Kimia Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM DIJ Nurani Tedjowati mengatakan keberdaan SVLK sudah diakui di -negara Uni Eropa. Seharusnya keberadaannya dapat meningkatkan daya saing eksportir kayu DIJ. "Kami akui biaya pengurusan sertifikasi SVLK masih menjadi kendala. Oleh karenanya mulai tahun ini kami menfasilitasi pengurusan SVLK," terangnya. (JPNN/bhn/ila/ga)

loading...
author

Leave a reply "Biaya Sertifikasi Kayu Bebani Pengusaha"