Info Terbaru Biaya Rontgen Kepala/CT Scan di Rumah Sakit

No comment 24821 views

Computed Tomography atau CT scan adalah suatu penggambaran dengan menggunakan tomografi yang mengandalkan sinar X untuk menghasilkan gambar 3 dimensi dari bagian dalam sebuah tubuh manusia. Karena tergolong dengan metode mutakhir, tak heran jika biaya sekali CT scan atau rontgen kepala memang relatif mahal.

Rontgen Kepala/CT Scan - www.dailymail.co.uk

Rontgen Kepala/CT Scan - www.dailymail.co.uk

Biaya melakukan CT scan cukup mahal karena dengan CT scan dapat memperoleh gambaran tulang dan jaringan lunak yang tak terlihat secara kasat mata. CT scan berwujud mesin pemindai berbentuk lingkaran berukuran besar seperti terowongan yang cukup dimasuki oleh pasien dalam posisi berbaring. Dari beragam organ tubuh, biasanya bagian kepala adalah yang paling sering menjalani CT scan.

Dengan CT scan kepala, dokter dapat mengetahui kondisi atau di dalam kepala yang terdiri dari tulang tengkorak, pembuluh darah, cairan otak, otak, dan batang otak. CT scan berguna untuk mendeteksi pendarahan pada bagian otak, melihat dan menganalisa cedera pada bagian otak, melihat tingkat keparahan patah tulang yang dialami pasien, melihat kemungkinan adanya dalam, mendeteksi pembesaran rongga otak, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain kepala, CT scan juga menjadi prosedur pemeriksaan medis untuk bagian tubuh lain seperti paru-paru, jantung, rongga , panggul, tulang, dan sebagainya. Untuk menjalani pemeriksaan CT scan kepala, ada beberapa prosedur yang perlu Anda lalui. Misalnya saja dengan berpuasa atau tak makan dan minum selama beberapa jam sebelum menjalani pemeriksaan CT scan, kemudian memakai baju atau seragam khusus berukuran longgar, melepas segala macam aksesoris logam yang menempel di tubuh, dan juga memberitahukan petugas mengenai -obatan yang biasa dikonsumsi dan riwayat kesehatan.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Operasi Laparoskopi di Rumah Sakit Area Jakarta

Namun sayang, tidak semua orang bisa menjalani prosedur pemeriksaan CT scan. Pasalnya, pemeriksaan yang melibatkan radiasi sinar X ini bisa menimbulkan efek samping yang cukup berbahaya. Oleh sebab itu ibu yang sedang mengandung biasanya tidak dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan CT scan.

Biaya CT scan kepala pun bermacam-macam, tergantung di mana Anda melakukan pemeriksaan. Jika semakin canggih peralatan CT scan yang digunakan di sebuah maka biayanya pun bisa lebih mahal. Biasanya biaya yang dipatok untuk CT scan kepala berkisar antara Rp 600 ribuan hingga mencapai Rp 1,5 jutaan. Jika CT scan kepala menggunakan cairan khusus seperti kontras untuk memperjelas hasil pemeriksaan, maka biayanya akan lebih mahal dibanding CT scan kepala biasa.

Namun bila Anda termasuk peserta BPJS Kesehatan, maka CT scan kepala juga termasuk salah satu kesehatan yang ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan asalkan Anda melakukan pemeriksaan tersebut karena alasan medis dan telah mendapatkan rekomendasi dari dokter di Faskes (fasilitas kesehatan) 1.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru Biaya Rontgen Kepala/CT Scan di Rumah Sakit"