Biaya Relevan: Pengertian dan Contoh Analisis

No comment 982 views

Biaya relevan dapat didefinisikan sebagai biaya yang memiliki konsep pada menghilangkan data yang tidak diperlukan yang dapat mempersulit pengambilan keputusan. Hal ini dikarenakan relevansi merupakan salah satu yang paling penting dalam akuntansi manajemen yang baik. Dengan kata lain, biaya relevan merupakan biaya yang timbul atau dibebankan kepada satu atau lebih aktivitas atas dasar yang diterima atau hubungan logis lainnya dan harus terukur secara kuantitatif yang dapat membantu pihak manajemen dalam mengambil keputusan.

Biaya Relevan - www.blog.kedaikampus.com

Biaya Relevan - www.blog.kedaikampus.com

Secara sederhana, biaya relevan bisa diartikan sebagai biaya masa mendatang dalam berbagai alternatif untuk mengambil keputusan manajemen. Biaya relevan ini sering disebut juga sebagai biaya diferensial, yaitu biaya yang berbeda-beda akibat tingkat yang berbeda yang mengakibatkan perbedaan biaya tetap.

Biaya relevan merupakan hasil pengolahan data historis oleh akuntan intern, oleh ahli yang lainnya. Ia disebut relevan karena berhubungan erat dengan pengambilan keputusan manajemen. Biaya ini merupakan biaya masa datang karena digunakan untuk menyusun anggaran, perencanaan laba, dan pengendalian kegiatan yang bertumpu pada jangka pendek dan jangka panjang.

Biaya relevan memiliki beberapa ciri khusus, seperti biaya masa yang akan datang (future cost) dan bukan masa lalu (sunk cost), serta biaya yang berbeda antara dua alternatif. Dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan pesanan khusus, biaya relevan biasanya terdiri dari biaya variabel. Namun, tidak semua biaya variabel menjadi biaya relevan, contohnya komisi penjualan.

Baca juga  Daftar Harga Berbagai Merek Lensa Kontak (Softlens) di Optik Melawai

Sebelum mengidentifikasi biaya relevan, seorang manajer perlu melakukan langkah-langkah, seperti:

  • Mengumpulkan semua biaya yang akan terjadi yang berkaitan dengan setiap alternatif yang akan dipertimbangkan.
  • Memisahkan biaya masa lalu atau yang merupakan sunk cost.
  • Memisahkan biaya masa yang akan datang yang tidak berbeda dalam setiap alternatif keputusan.
  • Membuat keputusan berdasarkan biaya yang masih tersisa, karena biaya tersebut pasti biaya diferensial atau biaya terhindarkan dan biaya tersebut relevan dalam suatu keputusan.

Manajer hanya menggunakan biaya relevan yang akan timbul di masa yang akan datang saja dalam pengambilan keputusan karena suatu keputusan merupakan suatu hal yang berhubungan dengan keadaan di masa datang. Namun, untuk dianggap sebagai biaya relevan, suatu biaya tidak hanya berhubungan dengan keadaan di masa yang akan datang, tetapi biaya tersebut harus berbeda dengan suatu alternatif lain. Jadi, jika suatu biaya yang akan muncul di masa depan mempunyai yang sama besar dari beberapa alternatif, biaya tersebut tidak akan berpengaruh dengan pengambilan keputusan.

Untuk memberi gambaran mengenai biaya relevan, kita misalkan ada pengurus OSIS meminta tambahan satu dengan kapasitas sama dan kontribusi masing-masing peserta sebesar Rp6.000.000. Maka analisis biaya relevan untuk kelas awal adalah sebagai berikut.

Anggaran Sub Total (Rp) Total (Rp)
Kontribusi peserta 31 x 8.000.000 248.000.000
Biaya-Biaya Variabel - -
Honorarium 61.200.000 61.200.000
Pelaksanaan Pelatihan 39.930.000 39.930.000
Kontribusi Margin - 146.870.000
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Biaya Relevan: Pengertian dan Contoh Analisis"