Info Terbaru Biaya Pengurusan dan Pembuatan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)

Sebagai warga negara Indonesia, mungkin Anda sudah paham atau setidaknya sudah pernah mendengar tentang NPWP. NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana dalam perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban dalam urusan perpajakan.

Pembuatan NPWP - www.aktual.com

Pembuatan NPWP - www.aktual.com

NPWP wajib dimiliki oleh warga Indonesia baik itu perorangan, , PT, CV, dan sebagainya. NPWP ini dijadikan sebagai sarana administrasi perpajakan atau acuan untuk membayar pajak, juga menjadi persyaratan sejumlah pelayanan umum seperti pengajuan , pembuatan , dan sebagainya.

Secara lebih rinci, manfaat atau fungsi NPWP adalah:

  • Sebagai sarana dalam administrasi perpajakan.
  • Sebagai tanda pengenal diri atau Identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan .
  • Dicantumkan dalam setiap dokumen perjalanan.
  • Untuk menjaga ketertiban dalam pajak dan pengawasan administrasi perpajakan.
Baca juga  Info Kisaran Tarif Jasa Cuci Mobil Saat ini

Untuk mendapatkan NPWP ini, Wajib Pajak cukup mengisi formulir pendaftaran dan menyampaikan secara langsung atau melalui pos ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Penyuluhan dan Pengamatan Potensi Perpajakan (KP4), dengan melampirkan:

  • Untuk Wajib Pajak Orang Pribadi Non-Usahawan: fotokopi KTP bagi penduduk Indonesia atau fotokopi paspor ditambah surat keterangan tempat tinggal dari instansi yang berwenang , minimal kelurahan atau kantor desa, bagi orang asing.
  • Untuk Wajib Pajak Orang Pribadi Usahawan: fotokopi KTP bagi penduduk Indonesia atau fotokopi paspor ditambah surat keterangan tempat tinggal dari instansi yang berwenang , minimal Kelurahan atau Kantor Desa, bagi orang asing dan surat keterangan tempat kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dari instansi yang berwenang.
  • Untuk Wajib Pajak Badan: fotokopi akta pendirian dan perubahan terakhir atau surat keterangan penunjukan dari kantor pusat bagi BUT; fotokopi KTP bagi penduduk Indonesia atau fotokopi paspor ditambah surat keterangan tempat tinggal dari instansi yang berwenang bagi orang asing dari salah seorang pengurus aktif, dan surat keterangan tempat kegiatan usaha dari instansi yang berwenang (minimal kabupaten).
Baca juga  Info Lengkap Tarif Kargo Pesawat Garuda ke Seluruh Indonesia

Lalu, berapa yang dibutuhkan untuk mengurus dan membuat NPWP? mengurus NPWP adalah gratis, baik dilakukan secara manual maupun online. Kantor pajak tidak mengenakan atas pembuatan NPWP. Namun, jika Anda membuat NPWP melalui orang lain, entah itu notaris, konsultan keuangan, atau konsultan pajak, Anda mungkin harus mengeluarkan kocek, mulai Rp50.000 hingga Rp1.000.000.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Info Terbaru Biaya Pengurusan dan Pembuatan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)"