Info Update Biaya Pembuatan SIUP Baru di Jakarta

2 comments 13590 views

Izin Usaha Perdagangan atau yang lebih dikenal dengan nama SIUP merupakan izin untuk dapat melaksanakan kegiatan usaha perdagangan seperti barang atau baik jual beli, sewa beli, sewa menyewa yang dilakukan secara berkelanjutan dengan tujuan pengalihan hak atas barang atau dengan disertai imbalan atau kompensasi.

Biaya Pembuatan SIUP - wwwikanuryani5.blogspot.co.id

Biaya Pembuatan SIUP - wwwikanuryani5.blogspot.co.id

Tiap yang ada melakukan usaha perdagangan di Indonesia diwajibkan untuk memiliki SIUP. SIUP terdiri dari 4 berdasarkan skala usahanya, yaitu:

  • SIUP Kecil, wajib dimiliki perusahaan perdagangan yang memiliki modal dan kekayaan bersih (netto) seluruhnya mencapai angka lebih dari Rp 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) sampai Rp 500.000.000 (lima ratus juta rupiah), tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.
  • SIUP Menengah, wajib dimiliki perusahaan perdagangan yang memiliki modal dan kekayaan bersih (netto) seluruhnya mencapai lebih dari Rp 500.000.000 (dua ratus juta rupiah) sampai dengan Rp 10.000.000.000 (sepuluh miliar rupiah), tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.
  • SIUP Besar, wajib dimiliki perusahaan perdagangan yang memiliki modal dan kekayaan bersih (netto) seluruhnya mencapai lebih dari Rp 10.000.000.000 (sepuluh miliar rupiah), tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.
  • SIUP Mikro, dapat diberikan kepada perusahaan perdagangan mikro dengan laba bersih kurang dari Rp 50 juta per bulan
Baca juga  Info Terbaru Biaya Tune-Up Mobil di Bengkel Umum dan Resmi

SIUP akan berlaku selama perusahaan perdagangan melakukan kegiatan usaha dan pemegang SIUP wajib melakukan pendaftaran ulang setiap 5 tahun di tempat penerbitan SIUP. Pada dasarnya pengurusan pembuatan SIUP baru cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa persyaratan berupa:

  1. Fotocopy KTP penanggungjawab atau direktur utama perusahaan, dan fotocopy KTP penerima kuasa (jika permohonan dikuasakan).
  2. Fotocopy akta notaris pendirian perusahaan dan akta perubahan.
  3. Fotocopy surat keputusan pengesahan badan pendirian perusahaan dan perubahannya.
  4. Isi formulir permohonan (bermaterai cukup).
  5. Surat pernyataan.
  6. Softcopy pas foto direktur utama berwarna ukuran 3 x 4.
  7. Surat pernyataan kedudukan usaha.

Bagi Anda yang berada di Jakarta, mulai tahun 2015 lalu, telah dibentuk Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) yang melayani perizinan dan non perizinan untuk pengurusan badan usaha. Sehingga pembuatan SIUP kini bisa dilakukan secara online dan gratis, baik itu untuk usaha mikro hingga usaha besar.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Balik Nama (BBN) Sertifikat Rumah

Namun jika Anda tak memiliki waktu untuk mengurus, ada beberapa biro jasa pengurusan SIUP yang memasang pembuatan SIUP dengan harga cukup bervariasi. Berikut daftar biaya jasa pembuatan SIUP di Jakarta.

Jenis Usaha Biaya Pembuatan Jenis Lama Proses
Kelas Kecil Rp 1.500.000 Normal 10 – 15 hari kerja
Rp 2.500.000 Kilat 5 – 7 hari kerja
Kelas Menengah Rp 1.500.000 Normal 10 – 15 hari kerja
Rp 2.500.000 Kilat 5 – 7 hari kerja
Kelas Besar Rp 3.000.000 Normal 10 – 15 hari kerja
Rp 4.000.000 Kilat 5 – 7 hari kerja
Loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.
  1. author

    bilqiscarfindoesia.blogspot.co.id11 bulan ago

    Min mau nanya nih. Kalau kita bukan berbentuk PT maupun CV tapi usaha perorangan maka otomatis tidak punya fc SK menteri hukum dan HAM sesuai syarat yg ada. Lalu bagaimana min? Apakah bs digantikan dg doc lain? Makasih min.

    Reply
    • author

      redaktur11 bulan ago

      Usaha perorangan biasanya disebut UD (Usaha Dagang) atau PD (Perusahaan Dagang), memiliki NPWP pribadi dan bisa langung mengajukan SIUP perorangan.

Leave a reply "Info Update Biaya Pembuatan SIUP Baru di Jakarta"