Biaya MRI di Rumah Sakit – Terbaru 2016

No comment 12924 views

Magnetic Resonance Imaging atau disingkat MRI merupakan sebuah prosedur pencitraan resonansi magnetik menggunakan alat pemindai dengan memanfaatkan medan magnet dan gelombang radioaktif untuk menampilkan gambar struktur dan di dalam tubuh. Singkatnya, MRI dapat memberikan struktur tubuh yang tidak dapat diberikan oleh hasil tes lain seperti CT scan, X-ray, maupun ultrasound. Selain itu, MRI memberikan resiko kesehatan yang cenderung lebih kecil dibandingkan pemeriksaan radiologi lainnya.magnetic-resonance-imaging

Pada sesi pemeriksaan MRI, tubuh yang akan dipindai ditempatkan pada sebuah mesin yang memiliki magnet kuat. Selanjutnya, MRI kan menghasilkan gambar berupa foto yang dapat disimpan di atau dicetak untuk diperiksa lebih lanjut.

Pemeriksaan MRI dapat dilakukan pada seluruh bagian maupun organ tubuh manusia, mulai dari kepala hingga kaki. Berikut ini adalah -penyakit dan gangguan kesehatan yang kerap kali diperiksa menggunakan Alat MRI :

Baca juga  Kisaran Biaya Rontgen Gigi Panoramic & Cephalometric
  • MRI Organ Kepala & Tulang Belakang : Aneurisma, Gangguan mata, Gangguan telinga bagian dalam, Cedera tulang belakang, Multiple sclerosis, Tumor, Stroke, dll.

  • MRI Untuk & Pembuluh Darah : Ukuran & fungsi ruang , Ketebalan dan gerakan dinding , Tingkat kerusakan yang disebabkan oleh serangan atau penyakit , Masalah struktural di aorta, Peradangan atau penyumbatan pada pembuluh darah

  • MRI pada Tulang

  • MRI pada Payudara

  • MRI pada organ dalam, seperti hati, ginjal, prostat, dan masih banyak lagi.

Berapa yang diperlukan untuk menjalani 1 sesi pemeriksaan MRI?

Biaya untuk melakukan pemeriksaan MRI di Rumah cukup bervariasi. Hal ini tergantung dari beberapa faktor, seperti bagian atau organ mana yang hendak dipindai, seberapa banyak atau luas, tingkat kesulitan pemeriksaan, ada atau tidaknya penggunaan dan alat medis tambahan, panjangnya prosedur, serta kebijakan lain dari pihak Rumah .

Baca juga  Biaya Membersihkan Telinga ke Dokter Spesialis THT

Meski begitu, secara umum selisih biaya MRI di masing-masing tak terlalu jauh. Rata-rata berkisar di kisaran Rp 2 jutaan hingga Rp 3 jutaan untuk sekali pemeriksaan. Ambil saja contoh di beberapa di Jakarta. Siloam mematok sekitar Rp 2,4 juta untuk pemeriksaan MRI bagian kepala dan syaraf. Sedangkan Rumah Sakit Mayapada memberikan sedikit lebih terjangkau, yakni Rp 2,3 juta untuk pemeriksaan yang sama.

loading...
author
Gadis rumahan yang gak terlalu suka jalan-jalan, kecuali buat window shopping memantau perkembangan harga-harga :) Pernah tercatat sebagai mahasiswi di satu PTN ternama di Malang.

Leave a reply "Biaya MRI di Rumah Sakit – Terbaru 2016"