Biaya Pendidikan SMA Taruna Nusantara Tahun Ajaran 2017/2018

6 comments 45948 views

SMA Taruna Nusantara (biasa juga disebut Tarnus atau TN) adalah sebuah menengah tingkat atas berasrama yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. ini dikenal dengan penekanan pada nilai-nilai perjuangan, kebangsaan, dan kebudayaan yang diejawantahkan ke dalam terpadunya aspek prestasi akademik, kesamaptaan jasmani, dan kemandirian.

SMA Taruna Nusantara - refiners-notes.blogspot.com

SMA Taruna Nusantara - refiners-notes.blogspot.com

Sekolah ini sendiri mulai berdiri pada tahun 1990 dan awalnya hanya menerima laki-laki sebagai siswanya. Namun, mulai tahun 1996, SMA Taruna Nusantara membuat kebijakan baru dengan menerima angkatan putri pertama sebanyak 70 orang. Untuk mengakomodasi perubahan ini, area sekolah pun diperluas menjadi 23 hektare.

Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan di SMA Taruna Nusantara meliputi:

  • Biaya sebesar Rp200.000.
  • Biaya pemeriksaan dan psikologi yang ditentukan kemudian. Calon siswa tidak dikenakan biaya pemeriksaan kesehatan dan psikologi (kecuali prestasi).
  • Seleksi akademik dan wawancara tidak dipungut biaya.
  • Biaya transportasi dan akomodasi selama seleksi ditanggung calon siswa.
  • Biaya uang pangkal sebesar Rp40.000.000, uang komite sekolah sebesar Rp1.000.000, uang iuran sekolah sebesar Rp3.750.000 per bulan, dan sumbangan sukarela serta kontribusi khusus yang dibayarkan setelah mendapat panggilan wawancara.
Baca juga  Info Terbaru Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Australia

Syarat Pendaftaran

Untuk bisa melanjutkan pendidikan ke SMA Taruna Nusantara, calon pendaftar wajib memenuhi beberapa , seperti:

  • WNI, laki-laki maupun perempuan.
  • Lulus UN SMP/sederajat tahun ajaran 2016/2017 atau 2015/2016.
  • Memiliki ijazah SMP/sederajat.
  • Tidak pernah tinggal kelas selama berada di SMP/sederajat.
  • Nilai rapor semester I s/d V untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA masing-masing minimal 75, dengan melampirkan fotokopi rapor SMP/sederajat semester I s/d V yang dilegalisir.
  • Usia maksimal 17 tahun saat pendidikan (Juli 2017).
  • Sehat jasmani dan rohani, tinggi dan berat badan proporsional.
  • Berkelakuan baik dengan surat keterangan dari sekolah.
  • Persetujuan orang tua/wali, bersedia tinggal di asrama, sanggup mematuhi peraturan sekolah dan memenuhi persyaratan KKM yang ditetapkan SMA Taruna Nusantara.
  • Daftar konversi nilai dan ijazah yang dilegalisasi oleh Kembuddikdasmen untuk sekolah setingkat SLTP atau Dinas Pendidikan setempat bagi calon siswa yang berasal dari SLTP berlatar belakang International School di dalam negeri.
  • Membayar uang pangkal, iuran sekolah, iuran komite sekolah, dan sumbangan sukarela.
  • Mengikuti seleksi awal yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu seleksi administrasi dan seleksi akademik, serta seleksi lanjutan yang meliputi pemeriksaan psikologi dan kesehatan serta seleksi wawancara.
Baca juga  Info Biaya Kuliah Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta Tahun 2017/2018

Jadwal Pendaftaran dan Kontak

Pendaftaran siswa baru di SMA Taruna Nusantara untuk tahun ajaran 2017/2018 telah dibuka mulai minggu kedua Februari 2017 hingga 31 Maret 2017. Untuk informasi lebih lengkap, dapat menghubungi Panitia Pusat Penerimaan Siswa Baru SMA Taruna Nusantara di Jalan Kwitang Raya No. 21, Jakarta Pusat dengan nomor (021) 31903410 atau di SMA Taruna Nusantara di Jalan Purworejo KM 5, Magelang dengan nomor (0293) 364195.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.
  1. author

    anggraenie1 tahun ago

    Bagi kami rakyat miskin yg memiliki tujuan hidup yg lebih baik ingin melihat keberhasilan anak dengan menyekolahkanya di sekolah bonafit berkualitas,tapi apalah daya tangan tak sampai dengan biaya masuknya yg mahal

    Reply
  2. author

    Dimas Muhammad R8 bulan ago

    kontribusi khusus?

    Reply
    • author

      Eko Sugiyono5 bulan ago

      Dulu SMA TN tahun 90an tidak dipungut biaya apapun/gratis, mengapa sekarang dipungut biaya dan jumlahnya sangat besar? Bagi rakyat yang tidak mampu tapi anaknya berprestasi sangatlah tidak mungkin untuk membiayai. SMA TN ini sekolah negri atau swasta? Mungkin hanya yang berduit yang bisa menyekolahkan anaknya di sekolah favorit.

  3. author

    nurul4 bulan ago

    Pendaftarannya sudah ditutup ya?

    Reply
    • author

      redaktur2 bulan ago

      Iya betul. Namun untuk info lebih lengkap silakan menghubungi sekretariat 🙂

  4. author

    Witen1 bulan ago

    SMA TN swasta atau Negri yaaa… Mohon info kalau negri kenapa biaya daftar nya mahal sangat.

    Reply

Leave a reply "Biaya Pendidikan SMA Taruna Nusantara Tahun Ajaran 2017/2018"