Info Terupdate Kisaran Biaya Hidup di Negara Jerman

No comment 4530 views

Selama ini banyak orang yang menganggap bahwa hidup di Benua Eropa membutuhkan biaya yang cukup besar dibandingkan di Amerika. Anggapan itu memang tidak sepenuhnya salah, namun di antara negara-negara yang berada di zona Eropa, Jerman bisa menjadi salah satu negara tujuan Anda untuk bekerja maupun menimba ilmu. Mengapa demikian? Tak lain karena di Jerman ternyata relatif lebih terjangkau daripada di Amerika.

Biaya Hidup di Negara Jerman - clovereats.com

Biaya Hidup di Negara Jerman - clovereats.com

Sebagai gambaran, berikut ini rincian biaya hidup bagi Anda yang ingin tinggal di negara Jerman:

Jenis Kebutuhan Biaya dalam Mata Uang
Euro Rupiah
Sewa apartemen dan tagihan (air, gas, dan listrik) € 298 Rp 4,3 juta
Makan dan minum € 165 Rp 2,4 juta
Pakaian € 52 Rp 754 ribu
Materi kuliah € 30 Rp 435 ribu
Transportasi umum € 82 Rp 1,2 juta
Asuransi , biaya , obat € 86 Rp 1,3 juta
Tagihan telepon, TV, dan internet € 33 Rp 479 ribu
Rekreasi, olahraga, dll € 68 Rp 986 ribu
Total € 814 Rp 12 juta

Rata-rata biaya hidup per bulan di Jerman adalah sekitar 800 Euro atau sekitar Rp 11-12 jutaan saja. Biaya tersebut sudah mencakup makan, , hingga kebutuhan rekreasi Anda. Jangan salah, banyak warga negara yang memutuskan untuk melanjutkan studi mereka ke Jerman karena biaya hidup di sana cukup murah.

Di Jerman ada banyak yang menawarkan beasiswa untuk para , terutama asal . Biasanya seluruh mahasiswa dikenakan biaya semesteran atau semester contribution (einschreibung) yang berkisar antara € 250  hingga € 500, tergantung kampus mana tempat Anda kuliah. Kontribusi tersebut dialokasikan untuk kantin, asrama, olahraga, kartu mahasiswa, dan penunjang perkuliahan lainnya.

Baca juga  Info Terkini Perkiraan Biaya Hidup & Kuliah di China 2017

Kemudian untuk urusan tempat tinggal biasanya sudah disediakan oleh pihak kampus. Namun jika Anda mau lebih jeli mencari, biasanya asrama atau kost di luar wilayah kampus ada yang memasang lebih murah meski ukuran kamarnya lebih kecil. Jika ingin mencari rumah, Anda dapat mencarinya lewat situs wg-gesucht.de atau ke agen rumah yang lokasinya dekat dari kampus.

Kebutuhan di Jerman pun juga tidak terlalu mahal. Jika Anda bisa memasak sendiri, maka biaya yang Anda keluarkan untuk pun akan lebih hemat dibandingkan makan di restoran. Kemudian kebutuhan lainnya yang pasti ada saat tinggal di Jerman adalah asuransi. Biaya premi bulanan asuransi di Jerman memang cukup mahal bisa mencapai lebih dari € 80. Namun dengan adanya asuransi, Anda tak akan mengeluarkan biaya apa-apa lagi jika kemungkinan sakit atau mengalami hal-hal tak terduga selama tinggal di benua lain.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terupdate Kisaran Biaya Hidup di Negara Jerman"