Biaya dan Efek Samping Pasang Ring Jantung

No comment 210 views

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit penyebab kematian pertama di . Bahkan tidak hanya dapat meregang nyawa, penyakit jantung juga dirasa menguras banyak . Tak heran jika banyak yang mengatakan jika penyakit jantung merupakan jenis penyakit mahal.

Dalam dunia medis, terdapat berbagai yang dikhususkan untuk mengobati atau pasien sakit jantung. Jenis tersebut tentunya ditentukan dengan jenis keluhan pasien. Mulai dari nyeri dada, stroke, gagal jantung, gagal ginjal, hingga serangan jantung yang sangat berisiko menyebabkan kematian mendadak.

Penderita Penyakit Jantung - (Sumber: healthguide.net)

Penderita Penyakit Jantung - (Sumber: healthguide.net)

Apabila sudah sampai pada tahap ini, maka pasien harus mendapatkan perawatan intensif. Sebagian dari mereka juga tak jarang diharuskan untuk melakukan tindakan operasi ring apabila ditemukan adanya penyumbatan di pembuluh jantung.

Ring jantung, atau disebut juga stent, merupakan alat kecil berbentuk tabung, yang tersusun dari kawat. Ring jantung sendiri ada yang terbuat dari logam, ada yang dari plastik, tergantung harganya. ring jantung ini adalah untuk menyangga pembuluh darah agar ia tetap terbuka, sehingga darah bisa mengalir lancar.

Stent atau ring jantung dilengkapi dengan obat tertentu yang mencegah terbentuknya kerak di pembuluh darah. Namun, lama kelamaan obat ini akan habis, sehingga perlu diganti atau diperbaiki.

Ring jantung yang memiliki kualitas tinggi bisa bertahan sampai 7 tahun dan bebas dari serangan jantung. Kisaran untuk ringnya adalah antara Rp50-75 juta per satu ring. Dengan seluruh rincian yang ada maka kisaran biaya untuk tidak operasi, perawatan, dan biaya inap mencapai Rp150 hingga Rp250 juta.

Baca juga  Dianggap Membantu Pertumbuhan Tinggi Badan Remaja, Zevit Grow Dijual Mulai Harga Rp 5 Ribu

Namun tak perlu khawatir jika pasien telah mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS. Karena pada beberapa referensi menyebutkan bahwa pasien bebas biaya pasang 4 ring dengan menggunakan BPJS. Semua biaya operasi, rawat inap, dan obat-obatan ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Untuk pelayanan di rumah sakit tidak ada pembedaan sama sekali dengan pasien lainnya, hanya saja peserta harus bersedia mengikuti prosedur yang ada.

Perlu diketahui jika pasien sudah memasang ring jantung, sebaiknya ia menghindari makanan dengan kolesterol seperti sapi, kambing, jeroan, makanan laut, kuning telur, kulit bebek, kulit ayam, maupun daging berlemak. Selain itu hindari juga makanan yang diolah dengan minyak goreng, santan, kelapa, gula, margarin, dan garam. Dilanjutkan untuk makan lebih banyak sayur, buah, minyak salmon, gandum, dan minyak zaitun.

 

Meski bermanfaat untuk memperkecil risiko pembuluh darah mengecil. Pasang ring jantung juga diklaim memiliki efek samping. Efek pasang ring jantung yang pertama adalah reaksi alergi. Bila pasien memiliki alergi terhadap zat yang terdapat di stent, atau alergi dengan logam tertentu, ini bisa membahayakan. Mungkin juga terjadi pembekuan darah di tempat stent dipasang. Selain itu, mungkin saja di ring jantung pasien terbentuk jaringan parut. Jika hal ini terjadi, diperlukan tindakan pembersihan. Artinya, akan ada operasi lagi.

loading...

Leave a reply "Biaya dan Efek Samping Pasang Ring Jantung"