Berciri Bulat dan Berwarna Putih Susu, Beras Rojolele 5kg Dijual Kisaran Rp 55.000-100.000

-jenis beras yang tersedia di pasaran beragam macamnya. Salah satunya adalah beras rojolele. ini mempunyai ciri berbentuk bulat dan sebagian bijinya berwarna putih susu. beras ini juga memiliki tekstur yang pulen.

Beras Rojolele yang sering ditemui di toko maupun supermarket adalah ukuran 5kg. Untuk kemasan itu, beras pulen tersebut dijual di kisaran Rp 55.000-100.000.

Umur panen jenis beras tersebut terbilang cukup panjang, yaitu sekitar 155 hari atau 5 bulan lebih. Tinggi tanamannya mencapai satu setengah meter. Hal ini dianggap sebagai penyebab enggan menanam Rojolele ini.

Beras - (Sumber: newsfirst.lk)

Beras - (Sumber: newsfirst.lk)

Saat ini, fase waktu pengembangan varietas padi Rojolele telah memasuki generasi M6. Pada tahap ini, tinggi sudah dipendekkan menjadi 110 sentimeter saja, sedangkan umur panen hanya tinggal 115 hari.

Pengembangan Rojolele sendiri juga difokuskan kepada ketahanan hama wereng coklat dan bakteri lainnya. Secara hasil pengembangan sudah menunjukkan yang tinggi, yaitu untuk seribu meter telah menghasilkan 1 ton. Apabila dikonversikan ke satu hektar, maka bisa mencapai 10 ton.

Sepintas, bentuk dari beras tersebut mirip dengan jenis IR 64. Harga dari jenis beras ini cukup terjangkau. Beras ini mempunyai rasa pulen tetapi rasanya dapat berubah pera (keras) setelah disimpan lebih dari 3 bulan. Jika terlalu lama disimpan, IR 64 akan mudah basi saat sudah dimasak.

Beras IR 64 memiliki ciri fisik panjang hingga lonjong namun tidak bulat. Tetapi, dari segi rasa dan kualitas, beras Rojolele dianggap jauh lebih baik.

Selain kedua jenis beras di atas, ada jenis beras lagi yang banyak disukai , yaitu pandan wangi. Ciri khas beras ini terdapat pada aromanya yang wangi daun pandan. Ciri lainnya yang dapat membantu agar tidak terkecoh yaitu bentuk beras ini tidak panjang, tetapi sedikit bulat.

Jika Anda menemukan beras dengan biji panjang tetapi wangi pandan, hampir dapat dipastikan bahwa beras tersebut telah dicampur dengan zat pewangi kimia berbahaya. beras pandan wangi juga kekuningan. Setelah dimasak menjadi nasi, aroma pandannya tidak hilang dan nasi terasa pulen.

Baca juga  Miliki Kandungan Serat Lebih Banyak, Berapa Harga Beras Merah di Indomaret?

Pandan wangi merupakan salah satu varietas dari padi bulu yang ditanam di Cisalak, Cibeber, Cianjur, Jawa Barat. Karena nasinya yang beraroma pandan, maka padi dan beras ini sejak tahun 1973 dikenal dengan sebutan pandan wangi.

Harga beras pandan wangi di tahun ini berkisar antara Rp 15.000 sampai Rp 160.000. Anda juga dapat membeli beras beraroma pandan tersebut di toko ritel seperti di Indomaret. Di sini, jenis beras itu diberi Super Pandan Wangi, tersedia dalam ukuran 5kg, dan dijual seharga Rp 72.900.

loading...

Leave a reply "Berciri Bulat dan Berwarna Putih Susu, Beras Rojolele 5kg Dijual Kisaran Rp 55.000-100.000"