Update Harga Pasang Iklan di Televisi Nasional 2017

No comment 24752 views

Televisi merupakan salah satu media elektronik yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Karena itu, menjadi media paling efektif untuk promosi dan memasang bagi perusahaan atau produsen yang ingin memasarkan produk-produknya.

Televisi selain sebagai sarana hiburan juga memiliki lain sebagai sarana dan media promosi (periklanan). TV dirasa menjadi salah satu media promosi yang paling efektif karena memiliki jangkauan yang luas, isi acara yang bervariasi dan pemirsanya yang bervariasi sesuai dengan hobi, usia, minat, dan lain sebagainya.

Iklan TV - (Sumber: merdeka.com)

Iklan TV - (Sumber: merdeka.com)

Karena adanya anggapan sebagai media yang paling efektif, maka atau biaya memasang iklan di televisi memang tidak sedikit. Beberapa stasiun televisi juga tentunya memiliki beberapa kriteria tertentu untuk menentukan pemasangan iklan. Beberapa hal yang memengaruhi besaran iklan di televisi, di antaranya karakteristik stasiun televisi yang bersangkutan, rating program acara, jenis penyiaran acara, jam penayangan, hingga peletakan iklan.

Semakin tinggi rating sebuah acara, maka semakin mahal pula biaya atau tarif yang dipatok untuk iklan TV. Selain itu, jenis acara yang disiarkan juga sangat memengaruhi besaran tarif iklan TV. Jika acara tersebut disiarkan secara langsung atau live, maka tarif iklan biasanya lebih mahal jika dibandingkan acara yang disiarkan secara tunda atau delay.

Disamping itu, jam penayangan dengan trafik penonton yang tinggi juga akan membuat tarif pemasangan iklan di TV semakin mahal. Peletakan iklan di bagian awal, pertengahan, atau akhir sebuah acara juga sangat memengaruhi iklan di TV.

Sebagai contoh, televisi TRANS TV menetapkan tarif iklan yang dipasang di acara-acara prime time (jam utama di atas pukul 17.00 WIB) berkisar di antara Rp30 juta hingga Rp45 juta per 30 detik. Berikut kisaran biaya atau harga iklan di beberapa televisi .

Stasiun TV Biaya per 30 detik (Rp)
04.00-09.00 09.00-15.00 15.00-18.00 18.00-24.00 00.00-04.00
ANTV 8 juta - 30 juta 20 juta - 40 juta 30 juta - 50 juta 50 juta - 65 juta 10 juta - 30 juta
GLOBAL TV 20 juta 20 juta 20 juta - 30 juta 30 juta - 65 juta 20 juta - 40 juta
INDOSIAR 6 juta - 20 juta 20 juta - 25 juta 20 juta - 60 juta 25 juta - 85 juta 6 juta - 25 juta
KOMPAS 6 juta - 12 juta 6 juta - 14 juta 6 juta - 14 juta 16 juta 12 juta - 16 juta
METRO TV 10 juta - 24 juta 16 juta - 24 juta 24 juta - 32 juta 24 juta - 65 juta 10 juta - 24 juta
MNCTV 8 juta - 35 juta 25 juta - 50 juta 30 juta - 55 juta 10 juta - 75 juta 5 juta - 10 juta
NET TV 8 juta - 15 juta 15 juta 15 juta - 25 juta 20 juta - 25 juta 8 juta - 15 juta
RCTI 20 juta - 45 juta 30 juta - 45 juta 35 juta - 65 juta 45 juta - 65 juta 8 juta - 60 juta
SCTV 12 juta - 35 juta 35 juta - 55 juta 35 juta - 65 juta 35 juta - 65 juta 12 juta - 35 juta
TRANS 7 10 juta - 25 juta 20 juta - 25 juta 20 juta - 25 juta 20 juta - 40 juta 10 juta - 20 juta
TRANS TV 15 juta - 30 juta 20 juta - 30 juta 20 juta - 30 juta 30 juta - 45 juta 18 juta
TV ONE 5 juta - 20 juta 14 juta - 22 juta 14 juta - 42 juta 22 juta - 50 juta 5 juta - 12 juta

Di dalam sebuah acara televisi, biasanya kerap diselingi dengan jeda yang diisi iklan. Misalnya terdapat jeda 15 menit, maka dalam 15 menit dapat diisi puluhan iklan tergantung durasi pada masing-masing iklan. Jika diambil rata-rata durasi iklan yang ditayangkan adalah  3 menit. Maka akan ada 5 iklan dalam waktu jeda selama lima belas menit tersebut. Di antara ke lima iklan ini akan terdapat susunan mana yang akan tayang pada tiga menit pertama, tiga menit kedua, dan selanjutnya hingga tiga menit yang ke lima.

Baca juga  Info Terbaru Daftar Tarif Penginapan di Lembang, Bandung

Posisi tiga menit pertama ini merupakan posisi yang strategis karena umumnya jika sudah memasuki jeda iklan, maka pemirsa akan memindah kanal televisi.

Contoh Iklan TV - (Sumber: ciptadent.co.id)

Contoh Iklan TV - (Sumber: ciptadent.co.id)

Dari sisi jenis acara, contohnya acara sepak bola yang mana target pemirsanya adalah orang dewasa dan anak muda atau pemirsa yang memiliki hobi bola. Maka orang yang berniat memasang iklan di televisi atau prouduk yang akan dipromosikan di tv pada acara sepak bola tersebut biasanya tidak jauh dari beberapa produk yang ada kaitannya dengan acara tersebut dan golongan pemirsanya. Misalkan iklan produk sepatu, minuman penambah stamina, atau produk yang menjadi sponsor dalam acara sepak bola tersebut.

Selain iklan jeda yang kita tahu, juga terdapat bentuk iklan yang lain yakni:

Spinning Icon

Jenis iklan yang berbentuk logo produk yang kerap berputar di pojok atas televisi atau terbagi menjadi dua, kemudian muncul sebuah iklan.

Baca juga  Info Terbaru Harga Resmi Voucher Listrik Prabayar (Token) PLN 2017

Host tag

Iklan yang berbentuk logo produk sponsor yang muncul di keterangan nama host atau pembawa acara. Juga berbagai jenis dan bentuk yang lainnya.

Apabila ditinjau dari produk iklan apa saja yang paling sering muncul di layar televisi adalah kategori makanan dan minuman, perawatan dan kecantikan atau peralatan kosmetik yang terdiri dari berbagai merek. Juga perusahaan industri rokok yang kerap kali muncul pada saat malam hari saja.

loading...

Leave a reply "Update Harga Pasang Iklan di Televisi Nasional 2017"