Info Terbaru Biaya Kelebihan Bagasi Maskapai Batik Air

merupakan maskapai swasta yang terhitung baru, yakni didirikan pada tahun 2013 lalu. Maskapai adalah anak perusahaan yang berlayanan penuh. Kala itu penerbangan pertamanya dilaksanakan pada hari Jumat, 3 Mei 2013 dari Jakarta menuju Manado.

Sebagai salah satu anak perusahaan Lion Air, maka Batik Air juga menerapkan sistem dan kebijakan yang hampir sama dengan Lion Air, tak terkecuali perihal . sendiri adalah barang pribadi bawaan penumpang yang diperbolehkan untuk diangkut penumpang ke dalam . Lion Air dikenal luas sebagai maskapai dengan rendah atau low cost carrier. Karena itulah, meski sering tersandung permasalahan di lingkup penerbangan, namun maskapai ini tetap menjadi salah satu transportasi favorit masyarakat .

Kelebihan Bagasi di Batik Air - (Sumber: spaceofjase.com)

Kelebihan Bagasi di Batik Air - (Sumber: spaceofjase.com)

Maskapai penerbangan biasanya memberikan bagasi gratis mulai dari bagasi di kabin 7 kilogram, bagasi pesawat saat check in 15 kilogram hingga 30 kilogram tergantung kelas yang dipilih. Sedangkan untuk harga kelebihan bagasi pesawat biasanya dihitung berdasarkan jarak penerbangan atau tujuan penerbangan. Semakin dekat jaraknya maka harga kelebihan bagasi pesawat akan semakin .

Agar tidak membayar kelebihan bagasi terlalu mahal, pastikan berat barang bawaan sudah sesuai dengan kapasitas yang diberikan secara gratis. Meskipun harus membayar lebih,  setidaknya penumpang harus mengetahui terlebih dahulu perkiraan biaya yang harus dikeluarkan. Jangan sampai biaya kelebihan bagasi pesawat lebih mahal dibandingkan dengan pesawat yang dibeli.

Untuk maskapai Batik Air sendiri tidak menentukan secara pasti harga kelebihan bagasi pesawat, namun jika terjadi kelebihan bagasi, biaya yang dikenakan akibat kelebihan bagasi pesawat Batik Air berkisar antara Rp6.000 sampai dengan Rp22.000 per kg, tergantung rute penerbangan yang dipilih. Bagasi gratis Batik Air untuk pesawat kelas sebesar, 30 kilogram, sedangkan untuk kelas Ekonomi sebesar 20 kg.

Penumpang hanya diperbolehkan membawa barang bawaan 1 (satu) koli dengan berat
maksimal 7 (tujuh) kg, dengan dimensi maksimal 40 cm x 30 cm x 20 cm dan satu tas barang pribadi untuk keperluan selama perjalanan (personal item).

Penerimaan barang bawaan di kabin disesuaikan dengan ketersediaan tempat penyimpanan barang bawaan di atas kepala penumpang. Tempat penyimpanan terbatas juga tersedia di bawah kursi depan. Jika tidak ada tempat tersedia untuk menyimpan barang bawaan di kabin, maka akan dilakukan penarikan dan pemuatan barang bawaan di ruang bagasi sesuai dengan peraturan keamanan penerbangan.

Barang-barang yang boleh dibawa tanpa dikenakan biaya sebagai tambahan dari kuota barang bawaan yang boleh di-check in dengan gratis (disesuaikan dengan peraturan keamanan):

  • Tas tangan wanita, buku saku atau dompet yang sesuai untuk perjalanan normal dan yang tidak digunakan untuk tempat penampungan alat-alat yang dihitung sebagai barang bawaan.
  • Mantel, syal atau selimut.
  • Kamera kecil dan/atau teropong kecil.
  • Makanan bayi untuk dikonsumsi selama penerbangan.
  • Keranjang pembawa bayi.
  • Payung atau tongkat jalan.
  • Bahan bacaan dalam jumlah yang wajar.
  • Kursi roda yang dapat dilipat untuk orang cacat dan/atau sepasang tongkat pemapah
    dan/atau kawat gigi atau alat prostetik lainnya yang harus digunakan oleh penumpang.

Maskapai Batik Air juga memberlakukan aturan terhadap barang-barang yang tidak boleh dibawa, di antaranya: baterai kering, pisau, gunting, benda tajam, peralatan, senjata api, amunisi dan replika mainan dari benda-benda tersebut tidak boleh dibawa ke kabin penumpang.

Baca juga  Update Biaya Kelebihan Bagasi (Excess Baggage) Garuda Indonesia untuk Rute Domestik & Internasional 2017
Maskapai Batik Air - (Sumber: batikair.com)

Maskapai Batik Air - (Sumber: batikair.com)

Sementara untuk jenis benda-benda berharga, seperti: uang, logam mulia, perhiasan, instrumen yang dapat dinegosiasikan, sekuritas, dokumen identifikasi pribadi dan benda-benda berharga lainnya sebaiknya dibawa ke kabin oleh penumpang. Grup Lion Air (termasuk Batik Air) tidak bertanggung jawab atas hilangnya benda-benda yang dibawa oleh penumpang.

Jenis benda yang boleh dibawa namun dengan syarat tertentu antara lain: obat-obatan dan perlengkapan kosmetik seperti hair spray, parfum dan obat yang mengandung alkohol boleh dibawa oleh penumpang selama perjalanan dalam jumlah yang wajar. Kebanyakan jenis benda-benda ini boleh dibawa sebagai kargo asalkan dikemas sesuai dengan peraturan kargo.

loading...

Leave a reply "Info Terbaru Biaya Kelebihan Bagasi Maskapai Batik Air"