Berapa Pajak Mobil Honda City i-VTEC?

No comment 2674 views

Punya kendaraan bermotor tentunya harus dilengkapi dengan surat-surat kepemilikan dan tanda nomor kendaraan. STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) adalah bukti registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor yang berfungsi sebagai kelengkapan kendaraan bermotor.

all new honda city ES CVT - otomotif.tempo.co

all new city ES CVT - otomotif.tempo.co

Nah, sebagai warga negara yang baik, salah satu kewajiban yang harus dipenuhi adalah membayar pajak dan denda STNK (jika ada). Lalu, berapa pajak yang harus dibayarkan jika Anda memiliki sebuah Honda City i-VTEC?

Sebelumnya, kita ulas sedikit mengenai Honda City i-VTEC. Honda City i-VTEC merupakan pengembangan dari model Honda City yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2003 lalu, berbarengan dengan yang akrab disapa Honda Jazz GD3. i-VTEC sendiri merujuk pada sektor yang diusung sedan sub-kompak ini, selain juga hadir dengan i-DSI.

Di awal kemunculannya, Honda City mengusung desain eksterior yang benar-benar berbeda. Mobil ini tampil dengan kabin besar namun bagian bonnet terlihat lebih kecil dan pendek. Secara umum, desain mobil ini mirip dengan Honda Jazz, hanya dibedakan pada dimensi panjang, model lampu depan, dan bentuk lampu belakang.

Baca juga  Info Terbaru Harga Mobil Porsche Macan (Baru dan Bekas)

Sementara dari sisi interior, fungsionalitas mobil ini tampak sulit dikalahkan para rival. Mengingat ukurannya yang bengkak, otomatis membuat ruang interior menjadi lebih lapang. Kursi menjadi salah satu highlight karena dapat dilipat (kursi belakang) sehingga mampu mengangkut lebih banyak barang.

Di Indonesia sendiri, yang menggunakan mesin i-VTEC lebih diminati dibandingkan i-DSI. Pasalnya, model yang membawa mesin i-VTEC memiliki performa yang lebih dahsyat namun dengan konsumsi bahan bakar yang relatif sama. Selain itu, perawatan model ini juga lebih murah dibandingkan i-DSI.

Karena itu, pada tahun 2014 lalu, Honda kembali meluncurkan varian terbaru Honda City yang mengusung mesin i-VTEC ke pasar Tanah Air. Model terbaru ini disokong mesin berkapasitas 1.5L, SOHC, silinder segaris, 16 katup, i-VTEC + DBW, serta mampu meletupkan daya 88 kW pada putaran 6.600 rpm dan torsi puncak menembus 145 Nm pada putaran 4.600 rpm.

Baca juga  Info Terbaru Harga Suzuki Vitara (Baru dan Bekas)

Honda menghadirkan Honda City terbaru dalam tiga varian, yaitu New City E, New City E CVT, dan New City ES CVT. Varian pertama dilepas dengan Rp308.200.000, sedangkan model kedua dibanderol Rp318.200.000. Sementara model New City ES CVT, dijual dengan Rp338.300.000 per unit.

Lalu, berapa pajak yang harus dibayarkan jika memiliki mobil ini? Pajak untuk Honda City i-VTEC bervariasi, tergantung tahun keluaran tersebut dan harga masing-masing model. Berikut kisaran besaran pajak untuk mobil ini.

Tipe Honda City i-VTEC

Pajak (Rp)

Honda City 2010

3.248.000

All New Honda City 2013

3.323.000

All New Honda City E 2014

3.450.000

All New Honda City E CVT 2014

3.645.000

All New Honda City ES CVT 2014

3.765.000

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Berapa Pajak Mobil Honda City i-VTEC?"