Punya Mobil Honda City i-VTEC Terbaru, Berapa Besaran Pajaknya?

Orang bijak, taat pajak. Mungkin Anda sudah familiar dengan jargon yang satu ini. Sebagai warga negara yang baik, kita memang disarankan untuk tepat membayar pajak, termasuk membayar pajak kendaraan bermotor milik kita. Nah, biaya atau besaran pajak kendaraan bermotor sendiri bervariasi, tergantung merek dan nilai jual masing-masing , misalnya City i-VTEC terbaru.

Tentang Honda City

Sebelum membahas mengenai besaran pajak, kita kupas sedikit mengenai Honda City. Honda City merupakan mobil kompak yang diproduksi oleh pabrikan asal Jepang, Honda, mulai tahun 1981 silam. Awalnya, kendaraan ini dibuat untuk pasar Jepang, Eropa dan Australasia. Kemudian, pabrikan Negeri Sakura memperluas ekspor Honda City hingga ke pasar Benua Amerika dan Afrika, dengan disebut sebagai Honda Ballade di Afrika Selatan.

Honda City i-VTEC - www.team-bhp.com

Honda City i-VTEC - www.team-bhp.com

Generasi pertama kendaraan ini meluncur pada bulan November 1981 dengan “Tallboy” yang inovatif. Mobil ini juga hadir dengan ketinggian yang tidak biasa, sehingga memungkinkan empat orang dewasa menyesuaikan diri dengan nyaman di dalam mobil. Diproduksi sebagai hatchback tiga pintu di berbagai tingkat rim, City juga tersedia bersama dengan Motocompo.

Ketika pertama kali diperkenalkan, mobil ini merupakan mobil terkecil yang pernah diproduksi Honda, meski di lain sisi tidak sesuai dengan peraturan pemerintah Jepang. Honda City memiliki dimensi lebih panjang dibandingkan Honda N360, sebesar 383 milimeter (15,1 inci), namun lebih pendek dari Honda Civic generasi pertama 171 milimeter (6,7 inci).

Honda lalu mengganti City generasi pertama pada bulan November 1986 dengan generasi kedua (berkode GA1), dan melakukan update pada tahun 1989 (GA2). ini diproduksi sampai tahun 1994. Nama Fit juga pertama kali muncul sebagai varian trim City. Di sebagian besar pasar selain Jepang, posisi pasar City dibiarkan terbuka sampai terisi oleh Honda Logo pada tahun 1999.

Dalam perombakan ini, terjadi perubahan besar dalam tampilan kendaraan Honda yang disebut “bentuk Crouching”, yang terdiri dari desain rendah dan lebar sehingga bobot kendaraan menjadi lebih ringan, serta dikombinasikan dengan peningkatan performa berkendara. Styling tersebut mencerminkan keputusan perusahaan untuk memberlakukan tampilan bersama dengan mobil Honda Today generasi pertama, generasi ketiga Honda Civic, dan Honda Accord AeroDeck generasi ketiga.

Untuk , memperkenalkan seri Honda D, dalam bentuk D12A, unit straight-four 16 valve, berkapasitas 1.2L, SOHC, yang mampu menyemburkan tenaga maksimal mencapai 76 PS (56 kW) pada putaran 6.500 rpm. Kendaraan ini sendiri tersedia dalam pilihan transmisi otomatis lima percepatan atau transmisi otomatis empat percepatan.

Honda City i-VTEC - www.team-bhp.com

Honda City i-VTEC - www.team-bhp.com

Generasi ketiga Honda City, dengan kode nama SX8, kemudian meluncur pada tahun 1996 dan didasarkan pada platform EF Civic. Kendaraan ini dirancang dan dijual di pasar Asia Tenggara saja, dan dirilis dengan mengusung slogan “Smart for the new generation”. Sementara, untuk model yang mengusung mesin 1,5 liter, membawa slogan “Top-in-class smart”.

Honda City generasi ketiga masih merupakan sub-kompak di bawah Honda Civic, dan dibangun di Pakistan, Thailand, Malaysia, , Filipina, dan India. Kemudian, pada tahun 2000, sebuah facelift dilakukan yang disebut dengan City tipe Z di beberapa pasar. Selang setahun kemudian, muncul varian yang membawa mesin 1,5 liter VTEC dan dilengkapi penstabil belakang untuk penanganan yang lebih baik.

Dalam ajang Indonesia International Motor Show yang berlangsung bulan November 2002, Honda City generasi keempat resmi melakukan debut. Honda City sekarang ditawarkan sebagai versi four-wheel drive dan diimpor dari Thailand. Sementara, di pasar Jepang, Honda menamakan mobil tersebut sebagai Fit Aria, untuk melanjutkan tradisi penamaan yang digunakan bersama Honda Prelude, Honda Accord, Honda Ballade, Honda Quint, dan Honda Concerto.

Untuk model teranyar dari mobil ini, resmi diperkenalkan pada publik otomotif Indonesia di bulan Maret 2017 dengan mengusung Advanced Energetic Design. City kini tampil lebih menarik dan elegan, dengan headlamp berteknologi full LED lengkap dengan fog lamp dan Daytime Running Light, bumper depan dan grille depan yang dibuat lebih tegas, hingga garis tegas yang membujur dari arah depan sampai belakang.

Untuk bagian interior, Honda City kini telah didukung dengan fitur hiburan berupa layar berukuran 6,1 inci touchscreen yang dapat dijadikan pemutar video dan pemutar musik. Tidak hanya itu, kestabilan suhu di dalam kabin juga tetap terjaga berkat AC yang dapat disesuaikan. Sementara, untuk lebih memberikan kenyamanan berkendara, tersedia steering-wheel mounted control, tombol stop & start engine, hingga stylish meter cluster.

Beralih ke bagian jantung pacu, Honda City terbaru membawa mesin berkapasitas 1.500cc, SOHC, silinder segaris, 16 katup, i-VTEC + DBW, PGM-FI. Dengan modal tersebut, kendaraan ini mampu menyemburkan tenaga maksimal 88 kW pada putaran 6.600 rpm dan mencapai torsi puncak di angka 145 Nm pada putaran 4.600 rpm.

Honda City i-VTEC

Untuk mengetahui besaran pajak suatu kendaraan bermotor, kita tentunya harus terlebih dulu mengetahui harga kendaraan mobil tersebut, karena berkaitan langsung dengan besaran pajak. Untuk Honda City generasi terbaru, tersedia dalam dua varian, yaitu New City E transmisi manual dan New City E transmisi otomatis. Jika Honda New City E manual ditawarkan dengan harga mulai Rp312.000.000, maka model yang mengusung transmisi otomatis dipasarkan dengan harga mulai Rp322.000.000.

Baca juga  Spesifikasi dan Info Terbaru Harga MINI Cooper Clubman

Pajak Honda City i-VTEC Terbaru

Pajak kendaraan bermotor di Indonesia saat ini sudah menetapkan tarif progresif. Untuk Anda yang berdomisili di Jakarta, sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 tentang perubahan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pajak Kendaraan Bermotor, tarif pajak kendaraan bermotor untuk kepemilikan orang pribadi ditetapkan sebagai berikut.

  • Sebesar 2 persen dari harga jual untuk kepemilikan kendaraan bermotor pertama.
  • Sebesar 2,5 persen dari harga jual untuk kepemilikan kendaraan bermotor kedua.
  • Sebesar 3 persen dari harga jual untuk kepemilikan kendaraan bermotor ketiga.
  • Sebeesar 3,5 persen dari harga jual untuk kepemilikan kendaraan bermotor keempat.
  • Sebesar 4 persen  dari harga jual untuk kepemilikan kendaraan bermotor kelima.
  • Sebesar 4,5 persen dari harga jual untuk kepemilikan kendaraan bermotor keenam.
  • Sebesar 5 persen dari harga jual untuk kepemilikan kendaraan bermotor ketujuh, dst.

Jadi, jika Anda memiliki satu unit Honda City i-VTEC terbaru untuk model transmisi manual, maka besaran pajaknya berkisar Rp6.240.000. Sementara, untuk kepemilikan mobil pertama Honda City i-VTEC terbaru transmisi otomatis, pajak kendaraannya sebesar Rp6.440.000. Besaran pajak ini bersifat menurun setiap tahun karena penyusutan nilai jual.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Punya Mobil Honda City i-VTEC Terbaru, Berapa Besaran Pajaknya?"