Berapa Harga Monyet Terkecil di Dunia (Pygmy Marmoset)?

Monyet, siapa yang tidak kenal dengan binatang ini? Monyet merupakan istilah untuk semua anggota primata yang bukan prosimia (“pra-kera”, seperti lemur dan tarsius) atau kera, baik yang tinggal di Lama maupun Baru. Hingga saat ini, dikenal 264 monyet yang hidup di dunia. Tidak seperti kera, monyet biasanya berekor dan berukuran lebih kecil. Monyet diketahui dapat belajar dan menggunakan untuk membantunya dalam mendapatkan .

Pygmy Marmoset - ourbeautifulworldanduniverse.com

Pygmy Marmoset - ourbeautifulworldanduniverse.com

Beberapa monyet telah dimanfaatkan manusia sebagai hewan timangan atau hewan untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) adalah hewan yang paling biasa berinteraksi dengan manusia dan sering dipelihara sebagai hewan timangan, hewan sirkus, atau percobaan laboratorium. Ia juga primata pertama yang pernah ke angkasa luar. Sementara, Beruk dipelihara di beberapa tempat di Sumatera dan Malaya untuk dilatih sebagai pemetik kelapa.

Baca juga  Berapa Harga Minyak Goreng Bimoli Ukuran 5 Liter di Pasaran?

Selain berukuran normal, ada juga monyet yang disebut memiliki tubuh kecil, bahkan menjadi monyet terkecil di dunia. Pygmy Marmoset, demikian nama monyet yang diklaim sebagai yang terkecil di muka bumi. Dikatakan terkecil karena primata ini hanya memiliki tinggi 15 cm dan berat sekitar 100 gram. Karena ukurannya yang kecil itu, Pygmy Marmoset sering juga disebut sebagai monyet jempol atau monyet saku.

Pygmy Marmoset adalah hewan yang berasal dari hutan hujan sebelah barat Amazon Basin di Amerika Selatan. Bentuk badan Pygmy Marmoset yang kecil itu memudahkan dirinya untuk bertahan hidup di dalam hutan. Hewan ini juga dapat memutar kepalanya hingga 180 derajat, memudahkan mereka mengawasi sekitar ketika mencari makan.

Jika pada umumnya monyet menyukai pisang, tidak untuk spesies yang satu ini. Makanan Pygmy Marmoset berupa getah, serangga, dan buah-buahan. Mereka akan mengisap getah pohon jenis tertentu sembari menunggu serangga kecil hinggap.

Baca juga  Update Biaya Pendaftaran Paten dan Merek di Kantor Ditjen HKI

Pygmy Marmoset juga memilki norma bicara seperti manusia. Anak Marmoset sudah diajari orangtuanya untuk tidak menginterupsi pembicaraan monyet lain yang sedang bicara. Mereka harus menunggu giliran untuk menunggu dan saling bergantian saat berbicara. Fakta itu ditemukan oleh para peneliti dari Universitas Princeton.

Karena keunikan tersebut, banyak orang yang kemudian berminat untuk memelihara spesies ini. Namun, memelihara Pygmy Marmoset ternyata tak semudah membalikkan telapak tangan. Karena memiliki tubuh yang sangat kecil, monyet ini perlu mendapat ekstra. Selain itu, mengambil bayi Pygmy Marmoset untuk dipelihara akan rawan mati akibat stres karena dipisahkan dari sang induk.

Meski begitu, tak membuat niat beberapa orang untuk memelihara monyet ini menjadi pupus. Di China, meski ilegal, Pygmy Marmoset sudah banyak dijual dengan mulai 30.000 yuan atau sekitar Rp61,2 jutaan. Sementara, rata-rata monyet ini berkisar USD 1.500 atau sekitar Rp19,5 jutaan, belum termasuk transportasi, perizinan, dan lain-lain. Berminat?

Baca juga  Daftar Merek & Harga Beras Kemasan 1 Karung 25 Kg
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Berapa Harga Monyet Terkecil di Dunia (Pygmy Marmoset)?"