Berapa Harga Kain TC (Tetoron Cotton) per Roll?

No comment 1867 views

Kain katun merupakan salah satu kain yang banyak digunakan sebagai bahan konveksi, terutama untuk kaos. Kain katun sendiri dapat dibagi menjadi beberapa , salah satunya kain TC. Kain TC atau Tetoron Cotton bisa disebut juga sebagai Polyester Cotton. Tetoron sebelumnya merupakan merek dagang dari fiber polyester yang diproduksi Teijin dan Toray Industries sejak tahun 1958 silam.

Kain Tetoron Cotton - jenisbahankaosbh.blogspot.co.id

Kain Tetoron Cotton - jenisbahankaosbh.blogspot.co.id

Karena terbuat dari pencampuran serat polyester dan cotton, kain ini sering disebut sama dengan jenis kain CVC (Chief Value Cotton). Namun sebenarnya, kedua kain ini memiliki perbedaan yang mendasar. Jika kain CVC lebih banyak mengandung unsur katun, maka kain TC lebih didominasi serat polyester.

Sebenarnya, nama “Tetoron” ini didapatkan dari hasil kontes yang dilakukan Toray untuk mencari nama produk dari serat polyester yang mereka produksi tersebut. Akhirnya, nama Tetoron yang kemudian terpilih.

Baca juga  Daftar Harga Lengkap Lipstik Matte Wardah Terbaru di Pasaran (All Varian)

Seperti diuraikan sebelumnya, kandungan serat polyester pada kain TC lebih banyak dibandingkan kandungan katun. Ini berarti, kandungan serat polyester pada kain TC mencapai di atas 50 persen, bisa 55 persen polyester + 45 persen katun atau 65 persen polyester + 35 persen katun, tergantung dari kain TC itu sendiri.

Di awal kemunculannya, kain TC ini ditujukan untuk mengisi ceruk baru akibat kelemahan yang dimiliki kain katun, yaitu mudah kusut dan kekuatan tarik serat yang relatif rendah dibandingkan serat sintetis. Sebaliknya, kelemahan kain yang terbuat dari serat sintetis terutama tidak mampu menyerap keringat sehingga terasa panas bagi pemakai.

Selain sebagai kain, bahan TC ini sebenarnya pernah juga dicoba untuk batik (batik tetoron). Namun, pembuatan batik tetoron terkendala pada pewarnaan dan pelorodan akibat tendensi pelekatan malam yang lebih lekat pada kain tetoron dibandingkan kain jenis mori. Hal ini kemudian diatasi dengan menambahkan soda abu pada air lorodan.

Baca juga  Daftar Harga Jilbab/Kerudung Rabbani Terbaru

Saat ini, kain TC lebih banyak digunakan sebagai bahan pembuat kaos, seperti kaos polo maupun kaos olahraga. Seperti kain katun lainnya, kain TC juga memiliki beberapa jenis ketebalan, yaitu 20s, 24s, atau 30s. Ada juga bahan kaos TC yang sudah melalui softening atau pelembutan sehingga hasilnya menjadi lebih lembut seperti kain katun.

Lalu, berapa kain TC ini sekarang per roll? kain TC bervariasi, tergantung kualitas kain yang bersangkutan. Rata-rata kain TC dijual di kisaran Rp60.000 hingga Rp69.000 per roll (26-30 kg). Berikut rincian lengkap kain TC per roll di pasaran.

Jenis Kain TC Putih Muda Sedang Tua
TC Combed 20 Rp61.000 Rp64.000 Rp67.000 Rp71.000
TC Combed 30 Rp63.000 Rp66.000 Rp69.000 Rp73.000
TC Combed 20 MST 71 Rp68.000 - - -
TC Combed 30 MST 71 Rp70.000 - - -
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Berapa Harga Kain TC (Tetoron Cotton) per Roll?"