Berapa Biaya PPG (Pendidikan Profesi Guru) Tahun 2016?

No comment 3191 views

Guru (PPG) adalah tinggi setelah yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus dalam menjadi guru. Pendidikan Profesi Guru harus ditempuh selama 1-2 tahun setelah seorang calon lulus dari Program Kependidikan maupun Non- Kependidikan. Program Pendidikan Profesi Guru ini merupakan program pengganti Akta IV yang tidak berlaku mulai tahun 2005.

pendidikan profesi guru - unj.ac.id

pendidikan profesi guru - unj.ac.id

Program Pendidikan Profesi Guru ini akan melegitimasi profesi guru. Pendidikan profesi juga akan menambah gelar Gr. di belakang nama guru yang bersangkutan. Karena berdasarkan undang-undang, guru adalah profesi, sama seperti dokter.

Secara umum, tujuan diadakannya Program Pendidikan Profesi Guru adalah melahirkan kompetensi dan profesionalisme guru yang lebih terjamin dengan menjalani masa pendidikan selama dua semester atau satu tahun. PPG ini berlaku bagi semua guru, baik Sarjana Kependidikan maupun Sarjana Non-Kependidikan.

Baca juga  Update Biaya Kuliah Sarjana dan Pascasarjana di Malaysia (Universitas Negeri dan Swasta)

Untuk tahun 2016 ini, sertifikasi guru menggunakan dua pola, yaitu Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) dan Pendidikan Profesi Guru (PPG). PLPG hanya diikuti oleh guru yang telah mengajar sebelum 31 Desember 2015, sedangkan guru yang diangkat setelah periode itu harus mengikuti PPG. Berikut beberapa persyaratan peserta PPG tahun 2016.

  • Memiliki surat keputusan sebagai Guru PNS/Guru Tetap Yayasan (memiliki NUPTK).

  • Guru di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang belum memiliki pendidik dan masih aktif mengajar di .

  • Memenuhi skor minimal UKG yang ditetapkan oleh Konsorsium Sertifikasi Guru (KSG). Untuk tahun 2016, skor UKG minimal 6,5.

  • Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter pemerintah.

  • Fotokopi ijazah terakhir yang telah dilegalisasi.

  • Pas foto berwarna terbaru ukuran 3x4 sebanyak empat lembar.

  • Pakta integritas dari calon peserta bahwa berkas atau dokumen yang diserahkan dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya.

Baca juga  Info Kisaran Biaya Homeschooling Terbaru untuk SD, SMP, & SMA

Lalu, berapa yang dibutuhkan guru untuk bisa menjadi peserta Pendidikan Profesi Guru pada tahun 2016 ini? Untuk guru baru yang mulai mengajar pada tahun 2016, yang harus dikeluarkan untuk mengikuti pendidikan ini berkisar Rp10 juta hingga Rp15 juta. Sementara, guru yang sudah diangkat hingga tahun 2015, PPG seluruhnya akan ditanggung oleh pemerintah.

Loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Berapa Biaya PPG (Pendidikan Profesi Guru) Tahun 2016?"