Update Terbaru Kisaran Biaya Notaris untuk KPR

No comment 14110 views

Memiliki adalah impian bagi setiap orang, terutama mereka yang telah berkeluarga. Sayangnya, rumah di Indonesia kian hari kian mahal seiring meningkatnya . Karena itu, beberapa bank atau lembaga keuangan memberikan pemilikan rumah (KPR) yang dapat sedikit meringankan beban mereka yang berkeinginan memiliki rumah pribadi.

Biaya Notaris - notarisdibali.com

Notaris - notarisdibali.com

Meski bank telah menerapkan syarat dan biaya untuk KPR, namun ada beberapa biaya tambahan yang sering terabaikan oleh mereka yang hendak mengurus KPR.  Dan, salah satu biaya tambahan yang masih kerap diabaikan para pemohon KPR adalah biaya notaris.

Baik pengembang perumahan maupun bank, memiliki notaris masing-masing yang melakukan kepengurusan berbagai dokumen, misalnya akta jual beli (AJB), akta perjanjian KPR, pembuatan sertifikat, bea balik nama, dan lain-lain. Biaya untuk notaris-notaris ini cukup tinggi dan yang harus membayar mereka adalah calon pemohon KPR yaitu Anda sendiri.

Baca juga  Info Lengkap Tarif Zen Family Spa & Reflexology Depok

Biaya yang harus dikeluarkan untuk notaris di Jakarta misalnya, bisa mencapai angka Rp5 juta (bahkan lebih). Angka tersebut bukan angka pasti, karena tergantung dengan fee yang dikenakan oleh notaris yang bersangkutan. Jika dirinci, biaya yang dibayarkan ke notaris meliputi:

Komponen Kisaran Biaya (Rp)
Biaya Cek Sertifikat 100.000
Biaya SK 1.000.000
Biaya Validasi Pajak 200.000
Biaya AJB (Akta Jual Beli) 2.400.000
Biaya BBN (Bea Balik Nama) 750.000
Biaya SKHMT (Surat Kuasa Hak Membebankan Hak Tanggungan) 250.000
Biaya APHT (Akta Pemberian Hak Tanggungan 1.200.000

Selain biaya untuk notaris, ada beberapa biaya lain yang perlu diperhitungkan ketika mengambil KPR.

  • Pajak Penjualan dan Pembelian; pajak penjualan dikenal juga dengan Pajak Penghasilan (PPH) dengan besaran 5 persen dari harga jual. Sementara, pajak pembelian dikenal juga dengan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yang besarnya 5 persen dikalikan (harga jual - nilai jual objek pajak tidak kena pajak).
  • Biaya Provisi; biaya yang dikenakan oleh bank kepada kreditur dengan besaran sekitar 1 persen dari total pinjaman KPR.
  • Biaya Asuransi Jiwa; digunakan untuk mencari jalan keluar jika terjadi risiko, misalnya kreditur meninggal dunia.
  • Biaya Asuransi Rumah; untuk berjaga-jaga guna mengantisipasi risiko musibah terjadi pada rumah. Biaya asuransi rumah atau properti ini biasanya lebih rendah dibandingkan asuransi jiwa.
Baca juga  Tarif Laundry Karpet Terbaru Tahun 2017
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Update Terbaru Kisaran Biaya Notaris untuk KPR"