Berapa Biaya Mengurus Perceraian Tanpa Jasa Pengacara?

Saat ini, masalah rumah tangga adalah hal yang kerap terjadi di . Tak cuma di kalangan artis, perpisahan rumah tangga ini juga terjadi di kalangan masyarakat pada umumnya. Meski merupakan hal umum, namun dampak yang ditimbulkan perceraian bukan hanya melibatkan suami dan istri, tetapi juga anak-anak.

Mengurus Perceraian Tanpa Jasa Pengacara - news.okezone.com

Mengurus Perceraian Tanpa Jasa - news.okezone.com

Umumnya, perceraian disebabkan oleh satu atau dua masalah. Masalah menjadi hal yang umum terjadi dalam kasus perceraian. Jika keadaan menipis, tentu akan menyebabkan banyak masalah baru yang bisa menimbulkan cekcok antara suami dan istri, dan ujung-ujungnya bisa mengakibatkan perceraian.

Masalah berikutnya yang sering disebut sebagai pangkal perceraian adalah kurangnya komunikasi antara suami dan istri. Selain itu, perbedaan prinsip antara suami dan istri juga bisa menyebabkan perceraian. Kemudian, faktor lain yang marak disebut sebagai penyebab retaknya biduk rumah tangga adalah perselingkuhan, entah itu dilakukan suami atau istri.

Baca juga  Info Terbaru Daftar Harga Lengkap Menu Donat di Dunkin’ Donuts

Akhir-akhir ini, juga kerap dijumpai perceraian yang bermula dari intimidasi dan tindak kekerasan. Tindakan ini memang umumnya dilakukan pihak pria kepada , karena pria secara fisik memang lebih kuat jika dibandingkan .

Jika masalah-masalah tersebut tidak dapat diselesaikan dengan cara baik-baik dan kekeluargaan, salah satu langkah yang bisa dipilih adalah perceraian. Mengurus perceraian memang lebih mudah jika menyewa pengacara karena segala sesuatu bakal diurus oleh pengacara tersebut. Namun, biaya yang harus dikeluarkan untuk menyewa pengacara juga tidak murah.

Jika memiliki bujet terbatas, memang lebih baik mengurus perceraian secara mandiri. Seseorang yang ingin mengurus perceraian secara mandiri, dapat membawa -dokumen yang diperlukan ke Pengadilan Agama, seperti:

  • Kartu identitas yang masih berlaku (KTP) dan fotokopinya yang ditempeli materai.
  • Buku Nikah atau duplikat Buku Nikah atau Kutipan Akta Nikah, beserta fotokopinya yang ditempeli materai.
  • Akta Kelahiran Anak, plus fotokopi yang ditempeli materai.
  • Dokumen tambahan seperti Kartu Keluarga dan sebagainya (plus fotokopi).
  • Surat Keterangan Tidak Mampu dari desa atau kelurahan (khusus orang yang tidak mampu).
  • Surat Izin Perceraian dari atasan untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS).
  • Surat Gugatan atau Permohonan Cerai Rangkap 7 (dapat dibuat sendiri atau dengan bantuan di POSBAKUM pengadilan setempat).
Baca juga  Update Harga Kursi Lipat dan Kursi Kantor Merek Chitose

Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk mengurus perceraian tanpa menggunakan jasa pengacara? Biaya perceraian di Pengadilan Agama sangat beragam, tergantung radius atau pengelompokan jarak yang dilakukan pengadilan sebagai salah satu faktor yang memengaruhi panjar perkara. Panjar perkara, baik permohonan maupun gugatan ada di kisaran Rp250.000 hingga Rp1.200.000. Sementara, panjar atau biaya perceraian di Pengadilan Agama berkisar Rp400.000 hingga Rp1.200.000.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Berapa Biaya Mengurus Perceraian Tanpa Jasa Pengacara?"